Cara Memanaskan Motor yang Benar, Begini untuk Mesin Injeksi, Karburator dan Moge

Bertold Ananda · Kamis, 13 Januari 2022 - 06:09:00 WIB
Cara Memanaskan Motor yang Benar, Begini untuk Mesin Injeksi, Karburator dan Moge
Cara memanaskan yang benar motor diperlukan agar oli dalam mesin dapat bersirkulasi dengan sempurna, sehingga terhindar dari gesekan. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Perlu Anda ketahui cara memanaskan motor yang benar. Memanaskan motor diperlukan agar oli dalam mesin dapat bersirkulasi dengan sempurna. Ini terutama untuk model motor lama atau jarang dipakai. 

Bila terlumasi seluruhnya mesin akan terhindar dari gesekan dan performa motor akan terjaga. Sebab itu, perlu pemahaman dasar mengenai cara memanaskan motor yang benar: 

Apa saja itu? Berikut cara memanaskan motor yang benar untuk mesin injeksi, karburator dan motor gede (moge). 

1. Memanaskan motor injeksi 

Saat ini kebanyakan motor menggunakan sistem pembakaran injeksi. Sistem ini diklaim lebih irit bahan bakar dan mudah dalam perawatan. 

Bagaimana memanaskan motor jenis ini? 

  •  Masukkan kunci ke dalam kontak lalu putar pada posisi on atau tekan start engine (smart keyless).
  • Untuk model kunci manual akan muncul suara mendengung keras sekitar kurang lebih 3 detik setelah kunci kontak on, tunggu sampai mati. Suara tersebut berasal dari fuel pump yang bekerja untuk memompa bahan bakar.
  • Berikutnya injak engkol atau hidupkan motor dengan menekan starter. Setelah mesin hidup biarkan maksimal selama 2 menit, lalu matikan dan kunci kembali motor.
  • Model motor sekarang tidak perlu terlalu lama dipanaskan karena mesinnya sudah lebih canggih. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: