Cara Membuat Kunci Rahasia Sepeda Motor

Andaru Danurdana · Selasa, 24 Mei 2022 - 09:30:00 WIB
Cara Membuat Kunci Rahasia Sepeda Motor
Bagi pemilik kendaraan perlu mengetahui cara membuat kunci rahasia sepeda motor agar tidak gampang dicolong maling. (Foto: Istimewa/Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNews.id – Bagi pemilik kendaraan perlu mengetahui cara membuat kunci rahasia sepeda motor. Penggunaan kunci rahasia penting untuk mencegah motor dicui pelaku kejahatan.

Saat kendaraan Anda akan dibawa kabur pencuri, mereka akan kesulitan menghidupkan motor walaupun kunci sudah dibobol. Bagaimana cara memasang kunci rahasia pada motor.

Dilansir dari berbagai sumber berikut cara membuat kunci sepeda motor

1. Kenali Sistem Kunci Rahasia

Sebelum membuat kunci rahasia sepeda motor, sebaiknya kenali dulu dengan sistem keamanan yang satu ini. Kunci rahasia adalah modifikasi dari kunci kontak biasa yang berfungsi sebagai saklar untuk menyambungkan arus, namun diletakkan di tempat tersembunyi yang tidak biasa.

Umumnya, kunci rahasia bisa dibuat dengan cara memutus kabel kunci kontak dan menambahkan tombol rahasia untuk menyambung arus. Namun, ada juga beberapa cara yang lebih efektif seperti memutuskan kabel massa dari rangkaian CDI.

2. Tentukan Warna Kabel

Langkah pertama membuat kunci rahasia sepeda motor adalah menentukan warna kabel rangkaian CDI yang terdapat pada motor masing-masing. Sebab, tak semua produsen motor menggunakan warna kabel yang sama. Pengendara harus mengetahui kabel mana yang aman diputus.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: