Cara Mengatasi Motor BeAT Mati Mendadak, Perhatikan Model Injeksi atau Karburator

Bertold Ananda · Rabu, 13 Oktober 2021 - 14:01:00 WIB
Cara Mengatasi Motor BeAT Mati Mendadak, Perhatikan Model Injeksi atau Karburator
Cara mengatasi motor BeAT mati mendadak, perhatikan apakah model injeksi atau karburator. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Bagaimana cara mengatasi motor BeAT mati mendadak? Seperti diketahui, motor matic kini menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Ini lantaran motor bertransmisi otomatis ini lebih praktis dan makin terjangkau harganya.

Salah satunya Honda BeAT. Motor matic ini memiliki dua jenis mesin, yaitu injeksi dan karburator. Namun, banyak yang tidak mengatahui cara mengatasi masalah pada motor ini.

Dilansir dari berbagai sumber (13/10/2021), berikut cara mengatasi motor beAT mati mendadak:

BeAT injeksi

Bila motor Honda BeAT bermasalah mati mendadak berikut cara mengatasinya:

- Periksa swith kabel standar samping yang putus. Motor matic ini dilengkapi sistem pengaman sensor yang membuat mesin tidak mau menyala bila standar samping belum di angkat. Jika kabel switch standar samping putus segera ganti yang baru agar motor dapat menyala

- Periksa tegangan aki motor Anda. Biasanya terjadi karena terdapat arus listrik yang drop.

- Bersihkan komponen seperti busi, filter udara, throttle body jika sebelum motor mati mendadak timbul gejala brebet pada motor. Itu terjadi akibat terjadi penyumbatan akibat kotoran yang menempel pada sistem kelistrikan dan pembakaran.

- Buka kipas magnet yang terletak berdekatan pada bagian kanan mesin dekat dengan knalpot. Bersihkan secara keseluruhan mulai dari debu, kotoran yang menempel pada area kipas magnet berikut soket penghubungnya, cek sekering.

- Periksa brush starter aus. Ini bisa menjadi masalah karena usia pakai parts atau komponen. Untuk mengatasinya ganti komponen brush starter dengan yang baru dan original

- Bila motor tidak bisa diatasi di rumah bawa ke bengkel terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Ini menyangkut pemeriksaan cek langsam putaran gas, mengganti kabel spull, cek kerenggangan dan menyetel klep,  cek kerenggangan busi atau yang berat bila mesin jebol atau mengganti dan memperbaiki ACG (Alernating Current Generator).

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: