Cara Mengendarai Motor Kopling bagi Pemula, Ikuti 7 Langkah Ini agar Cepat Bisa

Bertold Ananda ยท Selasa, 26 Oktober 2021 - 11:06:00 WIB
Cara Mengendarai Motor Kopling bagi Pemula, Ikuti 7 Langkah Ini agar Cepat Bisa
Perlu diperhatikan cara mengendarai motor kopling bagi pemula yang ingin belajar naik motor sport atau motor gede (moge). (Foto: Best Beginner Motorcycle)

JAKARTA, iNews.id - Perlu diperhatikan cara mengendarai motor kopling bagi pemula yang ingin belajar naik motor sport atau motor gede (moge). Mengendarai motor kopling memberikan pengalaman berkendara berbeda dibandingkan motor bebek (semi otomatis) dan matic.

Bagi pengendara motor transmisi manual akan terasa lebih laki. Namun, untuk dapat mengendarainya diperlukan skill lebih. Bagi pemula Diperlukan latihan dan pemahaman untuk dapat mengendarai motir jenis ini.

Bagaimana cara mengendarai motor kopling dengan cepat dan mudah? Dilansir dari Astra Motor (26/10/2021), berikut 7 cara mengendarai motor kopling bagi pemula:

1. Pahami sistem kerja kopling

Cara pertama dalam mengendarai motor kopling bagi pemula adalah memahami terlebih dahulu sistem dan cara kerja kopling. Tuas kopling terletak di sebelah kiri stang motor, sedangkan rem berada di sebelah kanan. Kopling sendiri berfungsi untuk memindahkan transmisi gigi.

Ketika Anda mulai menekan pedal kopling secara penuh maka lempeng kopling akan di tahan oleh kampas rem hingga berhenti. Pada saat itulah Anda bisa memindahkan gigi transmisi pada motor kopling Anda.

2. Lepaskan kopling secara perlahan dari cengkraman Anda

Perhatikan dengan teliti sistem mekanisme dalam melepaskan kopling motor Anda. Cara mengendarai motor kopling bagi pemula dengan halus adalah dengan melepaskan kopling secara perlahan sampai tenaga motor terasa bergerak. Jika Anda melepaskan kopling dengan cepat akan terjadi hentakan dan mesin akan mati.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: