Cara Mengendarai Sepeda Motor Gigi Manual, Perhatikan Perpindahan Transmisi dan Kopling

Tangguh Yudha · Jumat, 20 Mei 2022 - 14:55:00 WIB
Cara Mengendarai Sepeda Motor Gigi Manual, Perhatikan Perpindahan Transmisi dan Kopling
Saat ini, banyak biker terutama generasi Z yang belum paham cara mengendarai sepeda motor gigi manual.

JAKARTA, iNews.id - Saat ini, banyak biker terutama generasi Z yang belum paham cara mengendarai sepeda motor gigi manual. Maklum, saat ini sepeda motor didominasi skuter matik sehingga banyak dari pengendara yang tidak biasa menunggangi motor manual.

Untuk mengetahui cara mengendarai motor manual ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa sajakah itu?

Pertama, perhatikan posisi gigi (transmisi) letaknya di sebelah kiri dekat pedal (foot setep). Posisi perpindahan gigi pada motor modern dapat terlihat pada layar adometer. 

Kedua, perhatikan tuas kopling. Posisinya berada di sebelah kiri setang.

Ketiga, hidupkan mesin motor dalam posisi gigi netral (N).

Keempat, menyelaraskan tarikan kopling dan perpindahan gigi. Sama seperti pada mobil, pengendara motor manual harus bisa memadukan antara tuas kopling dan gigi. 

Ini memang diperlukan latihan dan feel tepat agar motor bisa jalan tanpa tersentak. Sebelum memindahkan gigi, tarik tuas kopling. Lalu, injak pedal ke posisi gigi 1 dan lepas secara perlahan sampai motor mendapatkan momentum melaju. 

Jika tidak selaras antara tangan (kopling) dan kaki (tuas gigi) motor biasanya akan mati saat digas. Rata-rata orang tidak biasa mengendarai motor manual akan langsung melepas kopling saat gas ditarik, inilah yang menyebabkan motor seperti tersedak.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: