Cara Pasang Kondensor Pencegah Aki Tekor di Motor

Rio Chandra Putra Pratama ยท Rabu, 19 Januari 2022 - 13:53:00 WIB
Cara Pasang Kondensor Pencegah Aki Tekor di Motor
Cara pasang kondensor pencegah aki tekor di motor sangat penting untuk diketahui pengguna kendaraan. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Cara pasang kondensor pencegah aki tekor di motor sangat penting untuk diketahui. Kondensor atau capasitor bank berfungsi sebagai sumber listrik cadangan saat aki (accu) tekor.

Adanya kondensor, mesin dan kelistrikan motor masih bisa hidup dalam kondisi aki tekor sekalipun hingga aki bisa dicas ulang atau diganti baru.

Cara memasang kondensor sangat mudah dan tidak perlu banyak melakukan modifikasi pada sistem kelistrikan bawaan motor. Untuk motor dengan kondisi bawaannya tidak dilengkapi kondensor, bisa pasang sendiri secara terpisah.

“Pilihannya ada dua, pakai kondensor standar motor lain atau lebih hemat pakai capasitor bank 12v. Cara pasangnya hampir sama,” ujar Topik, pemilik Bengkel Barokah Service, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Menurutnya yang banyak digunakan bisa memakai kondensor punya Yamaha old Vixion yang harganya Rp163.000 atau punya Suzuki Skywave seharga Rp139.000.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: