Kenali Fungsi dan Cara Menggunakan Idling Stop pada Sepeda Motor

Rio Chandra Putra Pratama ยท Kamis, 20 Januari 2022 - 08:10:00 WIB
Kenali Fungsi dan Cara Menggunakan Idling Stop pada Sepeda Motor
Perlu diketahui fungsi dan cara menggunakan idling stop pada sepeda motor agar kendaraan lebih efisien dan mengurasi polusi udara. (Foto: AHM)

JAKARTA, iNews.id - Perlu diketahui fungsi dan cara menggunakan idling stop pada sepeda motor. Teknologi tersebut kini disematkan pada banyak model sepeda motor.

Seperti diketahui, kondisi jalanan macet membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Ini terjadi karena energi yang dihasilkan dari ruang pembakaran mesin terbuang sia-sia. Selain itu, kondisi ini akan membuat emisi gas buang kendaraan semakin tinggi sehingga menambah polusi udara

Untuk menekan konsumsi bahan bakar dan menekan emisi gas buang sejumlah pabrikan otomotif berinovasi dengan menghadirkan fitur Idling Stop System (ISS). 

Fitur ini berfungsi ketika pengendara berhenti di lampu merah atau terjebak kemacetan dalam waktu 3 detik mesin akan mati otomatis. Motor akan hidup kembali pada saat tuas gas diputar. 

Untuk lebih jelasnya, berikut fungsi dan cara menggunakan idling stop pada sepeda motor:

Tekan Tombol ISS ke Posisi Idling

Untuk mengaktifkan fitur ISS, cukup tekan tombol ISS yang ada di stang sebelah kanan ke posisi Idling (tekan bagian bawah). Saat tombol berada di posisi Idling, lampu indikator pada panel meter akan menyala. Ketika motor dijalankan maka sensor akan memerintahkan Engine Control Module (ECM) untuk mengaktifkan fitur ISS.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: