Honda Luncurkan Motor MotoGP Versi Jalan Raya CBR1000RR-R Fireblade

Tangki bahan bakar juga telah diubah bentuknya agar lebih ergonomis, memungkinkan pengendara mendapatkan cengkeraman lutut yang lebih baik dan meningkatkan kapasitas bahan bakar.
Untuk jantung pacu, kompresi mesin telah ditingkatkan dari sebelumnya 13,4:1 menjadi 13,6:1, yang berkontribusi pada peningkatan performa. Mesin berkapasitas 999,9 cc DOHC 4-silinder inline ini tetap menjadi inti dari performa CBR1000RR-R Fireblade, dengan tenaga maksimal 160 kW @14.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm @12.000 rpm.
CBR1000RR-R Fireblade kembali mengusung konfigurasi Bore x Stroke yang sama dengan RC213V, yaitu 81 x 48,5 mm.
Untuk menghadirkan kontrol akselerasi dan deselerasi yang lebih mulus, CBR1000RR-R Fireblade disematkan sistem Throttle by Wire terbaru dengan dua motor, yang mampu memberikan respons lebih presisi saat mengendalikan tenaga mesin serta engine braking. Teknologi ini memastikan pengendara dapat merasakan akselerasi yang halus sekaligus mengoptimalkan deselarasi di berbagai situasi.
Pada sektor pengereman, motor supersport ini dibekali kaliper depan Nissin dengan cakram besar. Anti-Lock Braking System (ABS) yang disematkan menawarkan tiga mode terbaru, yaitu mode Sport, Track, dan Standard untuk menyesuaikan penggunaan di sirkuit mau pun jalan raya.
Fitur-fitur lain yang memberikan pengalaman berkendara maksimal masih dipertahankan, antara lain pengaturan riding mode, kontrol traksi HSTC, serta Wheelie Control untuk menjaga kestabilan saat akselerasi cepat.
Sensor advance Inertia Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi motor dalam enam axis (sumbu). Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.
Berapa harga motor supersport ini? AHM melepas CBR1000RR-R Fireblade STD seharga Rp798 juta on the road (OTR) Jakarta.
Editor: Dani M Dahwilani