Ikuti Keselamatan Mobil, Airbag Khusus Sepeda Motor Siap Meluncur 2025
Ini akan sangat berguna dalam skenario over-the-bar, di mana pengendara dapat mengalami cedera yang ekstrem pada bagian tubuh saat terlempar dari sepeda motornya ketika terjadi kecelakaan.
Autoliv menyatakan telah melakukan simulasi virtual yang ekstensif, dan hasil eksperimen mengungkapkan kantung udara yang dipasang di bagian depan sepeda motor juga dapat mengurangi cedera pada kepala, leher, dan dada.
Perusahaan bekerja sama dengan organisasi keselamatan jalan MIROS untuk lebih mengembangkan teknologi keselamatan seputar kendaraan roda dua. Sistem airbag harus tetap kompak dan kompatibel dengan berbagai pilihan kendaraan roda dua.
Ini menggabungkan berbagai sensor tabrakan, ECU dengan algoritme yang akan memutuskan apakah insiden yang terjadi perlu mengeluarkan airbag atau tidak. Selain itu, modul airbag lengkap dengan generator gas juga akan ditempatkan.
Perlu dicatat bahwa ini bukanlah kali pertama Autoliv terjun ke dunia roda dua. Perusahaan asal Swedia itu telah memasukkan teknologinya ke dalam dunia sepeda motor yang bekerja sama dengan sesama merek helm Swedia POC.
Teknologi ini diharapkan membuat tingkat fatalitas akibat kecelakaan sepeda motor dapat ditekan. Pasalnya, saat ini kendaraan roda dua menjadi penyumbang terbesar angka kecelakaan lalu lintas, hingga menghilangnya nyawa seseorang.
Editor: Ismet Humaedi