Kapasitas Produksi Gerobak Listrik Gelis 10 Unit per Hari Akan Ditingkatkan

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 21:23 WIB
Kapasitas Produksi Gerobak Listrik Gelis 10 Unit per Hari Akan Ditingkatkan

Saat ini, SPI hanya mampu memproduksi 10 unit Gelis per hari di pabrik Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. (Foto: SPI)

JAKARTA, iNews.id - PT Solar Panel Indonesia (SPI) baru saja meluncurkan Gerobak Listrik (Gelis). Saat ini, SPI hanya mampu memproduksi 10 unit Gelis per hari di pabrik Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Chief Marketing Officer PT SPI, Ary Tjahyono mengatakan, pihaknya berjanji akan menambah jumlah kapasitas produksi seiring dengan meningkatnya permintaan pasar.

"Jika permintaan pasar meningkat, jumlah produksinya juga kita tambah. Untungnya, kami sudah memproduksi baterai, sasis, bodi, dan sejumlah perangkat kendali di dalam negeri. Jadi, kalau ingin ditingkatkan produksinya mudah," ujar Ary dalam keterangannya, baru-baru ini.

Tak hanya peningkatan produksi, PT SPI juga sudah siap untuk melebarkan sayap lewat penjualan berbasis online. "Kami sudah bekerja sama dengan perusahaan aplikasi berbasis online. Lewat aplikasi, konsumen bisa mengetahui segala hal tentang Gelis melalui ponsel," katanya.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan, pengembangan Gelis sesuai dengan Peraturan Presiden No 55 tahun 2019 dalam memenuhi kebutuhan kendaraan untuk mendukung kegiatan yang produktif dengan lebih efisien dan ramah lingkungan.

"Hadirnya Gelis dapat mendukung pengembangan industri kendaraan roda tiga serta industri komponen dan kegiatan usaha terkait di Indonesia," katanya.

Kemenperin juga siap menfasilitasi kolaborasi berbagai pihak untuk mengembangkan bisnis model dan pengembangan ekosistem pemanfaatan Gelis dalam mendukung kegiatan usaha masyarakat yang produktif dan kreatif.

"Kami harap PT Solar Panel Indonesia dapat terus berperan aktif dalam peningkatan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sehingga akan memberikan sumbangsih pada peningkatan daya saing industri otomotif di Indonesia ke level selanjutnya," ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani