Sejarah Harley-Davidson, Berawal dari Motor Berkapasitas Kecil Jadi Kendaraan Militer di Perang Dunia 

Intan Rakhmayanti Dewi · Senin, 07 Juni 2021 - 06:51:00 WIB
Sejarah Harley-Davidson, Berawal dari Motor Berkapasitas Kecil Jadi Kendaraan Militer di Perang Dunia 
Harley-Davidson dibagun pertama kali di Milwaukee pada 1903 oleh dua pria bernama Bill Harley dan Arthur Walter Davidson. (Foto: Reuters) 

MILWAUKEE, iNews.id - Siapa yang tak kenal Harley-Davidson? Bagi pencinta otomotif motor gede (moge) asal Amerika Serikat ini sangat ikonik. 

Kapan motor ini lahir? Harley-Davidson dibagun pertama kali di Milwaukee pada 1903 oleh dua pria bernama Bill Harley dan Arthur Walter Davidson.  

Motor pertama yang dibangun bermesin kecil. Ini dirancang agar sesuai dengan rangka sepeda biasa. Namun, motor yang dibangun Harley dan Davidson tersebut tidak dapat mendaki bukit sehingga harus dikayuh. 

Kendati demikian, tak butuh waktu lama bagi keduanya mulai mengerjakan mesin baru yang lebih baik. Mereka menciptakan mesin lebih besar dengan desain loop-frame. 

Tahun berikutnya, setelah berhasil menyelesaikan prototipe, mereka memasukkan sepeda buatannya ke dalam balapan sepeda motor lokal di State Fair Park. 

Setelah mereka memiliki model yang berfungsi dengan baik, mesin dengan nama Harley-Davidson terdaftar di Jurnal Perdagangan Mobil dan Siklus Januari 1905.  

Empat bulan kemudian, sepeda motor itu akhirnya resmi diproduksi. Tahun pertama mereka hanya memproduki lima unit. Tiga unit di antaranya dijual dealer Harley-Davidson pertama, Carl H Lang di Chicago. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3