Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Balap Liar Meresahkan, Polisi Bakal Tindak hingga ke Bengkel Modifikasi
Advertisement . Scroll to see content

Mengenal Rumus TUSS dan Remap ECU, Performa Mobil Jadi Lebih Tinggi tapi Tetap Irit

Kamis, 30 Januari 2025 - 13:22:00 WIB
Mengenal Rumus TUSS dan Remap ECU, Performa Mobil Jadi Lebih Tinggi tapi Tetap Irit
Provisautolab dan Rocket Plus Tuning mengembangkan rumusan TUSS (Tune Up Semisport) dengan remap ECU (Engine Control Unit). (Foto: Ist)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Dunia otomotif Indonesia dihebohkan dengan inovasi terbaru dari dua bengkel lokal, Provisautolab dan Rocket Plus Tuning. Mereka berhasil mengembangkan rumusan TUSS (Tune Up Semisport) dengan remap ECU (Engine Control Unit).

Apa itu TUSS dan ramap ECU? Sarah dari bengkel Provisautolab Bintaro menjelaskan, TUSS meningkatkan efisiensi secara mekanikal. Untuk menciptakan kendaraan yang memiliki performa tinggi, namun tetap irit bahan bakar, Provisautolab, bengkel yang sudah berpengalaman sejak 29 tahun, berkolaborasi dengan Rocket Plus Tuning.

Sarah menjelaskan, rumusan TUSS yang dipatenkan Provisautolab dan remap ECU (Engine Control Unit) dianggap sulit dikombinasikan. Remap seringkali diidentikkan dengan memanipulasi tabel di ECU secara ekstrem, mengabaikan durabilitas mesin, mematikan peringatan check engine (DTC OFF), dan melakukan bypass SVBL. Bahkan, seringkali remap hanya memperbesar bukaan throttle meskipun injakan pedal gas hanya sedikit, memberikan sensasi responsif palsu.

"Namun, kolaborasi Provisautolab dan Rocket Plus Tuning menghasilkan sinergi luar biasa. Keduanya berfokus pada peningkatan efisiensi pembakaran. Sementara Rocket Plus Tuning menyesuaikan tabel-tabel di ECU untuk mengakomodasi rumusan TUSS, sehingga efisiensi pembakaran meningkat secara signifikan," ujar Sarah dalam keterangan pers, Kamis (30/1/2025).

Menariknya, lanjut dia, kombinasi ini berdampak pada degradasi bahan bakar. Mobil yang biasanya wajib menggunakan RON 98, setelah penerapan TUSS cukup menggunakan RON 90 tanpa gejala ‘ngelitik’ dan tetap mempertahankan akselerasi serta mereduksi turbo lag secara signifikan. 

"Ini membuktikan bahwa potensi mesin dapat dicapai dengan parameter yang aman melalui kombinasi TUSS dan remap ECU dari Rocket Plus," kata Sarah.

Untuk mobil bermesin diesel, kombinasi TUSS dan remap yang tepat dari Rocket Plus dapat meningkatkan performa tanpa menghasilkan asap berlebih (seperti cumi-cumi) dan tetap hemat bahan bakar. "Mau kencang, gak harus bikin polusi, kan?" ucapnya.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut