Review BMW S1000 RR, Motor Super Gahar Spek WSBK

Rilo Pambudi · Selasa, 10 Mei 2022 - 10:50:00 WIB
Review BMW S1000 RR, Motor Super Gahar Spek WSBK
Review BMW S1000 RR (Foto: PNGDownload)

JAKARTA, iNews.id - Artikel berikut ini akan membahas review BMW S1000 RR. Kendaraan ini adalah salah satu motor  dengan performa tinggi yang dikeluarkan BMW.

BMW 1000 RR pada awalnya akan dikembangkan sebagai motor untuk mengikuti kejuaraan World Superbike (WSBK) 2009. Namun, BMW malah mengumumkan versi komersial superbike ini di tahun 2010.

Pada tahun 2021, pabrikan asal Jerman itu mengumumkan adanya peningkatan dan pembaharuan di sisi tampilan dan desain dengan memberikan sistem penerangan LED dan desain fairing dengan lekukan aerodinamis yang diperbaharui. 

Selain itu, performa mesin juga ditingkatkan dengan memberikan pembaharuan teknologi. Secara keseluruhan, BMW membawa beragam peningkatan positif pada BMW 1000 RR. 

Dikutip iNews.id dari berbagai sumber pada Jumat (3/4/2022),  berikut ini adalah review BMW  1000 RR mulai dari desain, mesin, hingga harga.

1. Desain BMW S1000 RR

Pengembangan BMW S 1000 RR menghabiskan cukup banyak waktu untuk menguji desain fairing generasi baru superbike yang satu ini. Desain fairing baru BMW ini membuat bobot basanya kini hanya 197 kg.

Selain itu, terdapat spakbor besar yang berguna melindungi area cover mesin dan tabung shockbreaker di bagian depan. BMW S1000 RR dilengkapi desain spakbor dengan lubang ventilasi yang berguna untuk manajemen aliran angin. 

Lubang ventilasi tersebut mengurangi beban unsprung pada shockbreaker dan menjaga pegas tetap lentur serta responsif saat berkendara.

Selain itu, terdapat headlamp ganda yang dibuat terpisah pada fairing depan. BMW juga memberikan LED pada sistem penerangan motor ini. BMW mengintegrasikan kaca spion dan lampu sein menjadi satu kesatuan guna memudahkan bongkar pasang. Selain itu, terdapat windshield dengan dimensi proporsional yang dapat memberikan perlindungan area bahu dan kepala pengendara dari hambatan angin ketika kendaraan dipacu.

Pada bagian kokpit, terdapat layar TFT berukuran 6,5 inci menjadi panel instrumentasi untuk setiap fitur dan teknologi motor ini. Stang kemudi dibuat dengan model clip-on yang memiliki dimensi pendek. Sementara itu, tangki bahan bakar motor ini mampu menampung 16,5 liter bahan bakar dengan posisi jok dan footpeg motor yang sedikit menjorok ke belakang.

BMW memberikan tampilan single seater pada motor ini dengan menutup area jok penumpang dengan cover hornet. Pengendara dimungkinkan dapat membuka cover tersebut untuk membawa penumpang di belakang. Seperti motor sport lainnya, motor ini tetap tidak ideal untuk kenyamanan penumpang belakang..

2. Mesin BMW S1000 RR

BMW S1000RR mengusung mesin 4-tak dengan empat silinder yang disusun inline dengan sistem pendingin udara. Masing-masing pada silindernya memiliki 4-katup titanium dengan sistem aktuasi Double Overhead Camshaft (DOHC) dengan kapasitas 999cc. Hal ini dapat memberikan efisiensi mekanis pada mesin motor super tersebut dan membuatnya semakin tangguh.

Dengan konfigurasi tersebut, mesin motor ini mampu memberikan power maksimal motor ini mencapai 207 tenaga kuda pada 13.500 rpm. Sementara itu motor ini memiliki torsi maksimal mencapai 113 Nm pada 11.000 rpm.

Torsi besar motor ini didapat dari teknologi Shift Cam BMW yang mengontrol pembukaan dan pergerakan katup melalui camshaft. Hal itu membuat mesin motor BMW S1000 RR memiliki torsi yang besar dalam setiap putaran mesinnya. Kecepatan maksimal yang dapat dicapai motor ini adalah 305 km/jam.

3. Suspensi & Kaki-Kaki

Motor ini disematkan suspensi depan dengan model upside-down berdiameter 45mm yang bisa disesuaikan tingkat kompresi, rebound dan preloadnya. Sedangkan pada bagian belakang, monoshock disematkan pada swing-arm 'WSBK' yang ringan dengan pengaturan tingkat kompresi, rebound-damping serta preloadernya.

Dengan teknologi Dynamic Damping Control (DDC), pengendara diberikan kontrol terhadap damping shockbreaker motor, serta rigiditas yang menunjang kebutuhan di jalan raya atau sirkuit.

Roda kendaraan ini menggunakan velg aluminium cast-wheel yang ringan dengan 17 inci. Keduanya kemudian dibalut ban dengan spesifikasi balap berukuran 120/70 ZR17 pada bagian depan dan 190/55 ZR 17 pada ban belakang.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda