Sejarah Benelli, Merek Motor Tua Italia Kini di Bawah Naungan China
Pada 1932, saudara-saudara Benelli membeli paviliun gergaji kayu Molaroni di vlViale Principe Amedeo, yang sekarang dikenal vlViale Mameli.
Dua tahun kemudian, pada 1934, Benelli memperkenalkan dua motor balap baru, yakni 250 cam kembar dan 500.
Pada 1940, Benelli meluncurkan motor 500 cc dengan katup samping dan sepeda balap 4-silinder dengan double overhead camshaft dan supercharger. Tetapi perang dunia pecah memaksa perusahaan hanya memproduksi sepeda motor militer.
Perusahaan berada di puncak kesuksesan, tetapi Perang Dunia II menghancurkan pabriknya. Pemboman sekutu dan spoliasi Nazi menjadikan perusahaan besar ini menjadi tumpukan puing-puing dan gudang kosong.
Saudara-saudara Benelli tidak berkecil hati. Mereka mulai mengubah sekitar 1.000 sepeda motor militer – terutama dari asal Inggris – yang tersisa di medan perang oleh sekutu menjadi sepeda untuk digunakan sipil.
Pada 1947 merupakan tahun ketika aktivitas balap dimulai kembali. Tahun 1948 adalah tonggak bagi Benelli. Perusahaan menyewa pembalap motor profesional, Dario Ambrosini.
Pada 14 Oktober di tahun yang sama, Benelli bersaudara mengumumkan keputusan untuk terus memproduksi sepeda motor.
Keberhasilan Benelli mencapai puncaknya pada 1950, dalam kemenangan Ambrosini di Kejuaraan Dunia di kelas 250 cc.
Pada akhir 40-an, Giuseppe Benelli, memiliki perbedaan pendapat yang tidak dapat didamaikan dengan saudara-saudaranya, sehingga meninggalkan perusahaan.
