Spesifikasi Motor Listrik Gesits Bertanda Tangan Jokowi Dimenangkan Putra Hary Tanoesoedibjo

Riyandy Aristyo · Jumat, 22 Mei 2020 - 16:07 WIB
Spesifikasi Motor Listrik Gesits Bertanda Tangan Jokowi Dimenangkan Putra Hary Tanoesoedibjo

Motor listrik karya anak bangsa Indonesia, Gesits terjual seharga Rp2,55 miliar dalam acara lelang amal. (Foto: Instagram @jakowi)

JAKARTA, iNews.id - Warren Tanoesoedibjo, putra Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT), memenangkan lelang motor listrik bertanda tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diketahui, motor listrik bernama Gesits ini merupakan karya anak bangsa Indonesia.

Warren berhak atas motor tersebut setelah memenangkan lelang senilai Rp2,55 miliar. Hasil lelang disumbangkan untuk membantu pemerintah dalam menangani Covid-19.

Lantas, seperti apa spesifikasi motor ini? Dari segi tampilan, desain Gesits mirip skuter matic Honda Vario. Bedanya, Day Running Light (DRL) terpasang pada bodi depan dan belakangnya dengan fungsi sebagai lampu utama sekaligus lampu sein.

Sementara jantung pacu dibekali motor listrik berkapasitas 125 cc berasal dari generator berdaya 5 kw 96 Volt DC, yang menghasilkan tenaga hingga 6,79 hp dengan torsi 15 Nm.

Baterai Gesits menggunakan material Lithium Ion 5.000 Wh dengan waktu charging 3-4 jam. Desainnya yang removeable membuat baterai ini mudah untuk diganti selama perjalanan. Performa baterai dan motor listrik pada Gesits juga dapat dipantau menggunakan smartphone berbasis Android.

Diketahui, Gesits diproduksi di fasilitas milik PT Wika Industri dan Konstruksi (Wikon), kawasan industri Wijaya Karya (Wika) Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Kapasitas produksi pabrik tersebut mencapai 50.000 per tahun 

Gesits melakoni debutnya pada peringatan Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2018. Bahkan, sebelum resmi diluncurkan, motor listrik ini sudah mendapatkan pemesanan sebanyak 4.000 unit. Gesits pada IIIMS 2019 dibanderol Rp24,95 juta off-the-road (OTR).

Editor : Dani Dahwilani