Mengenal Istilah Tenaga Kuda pada Mobil

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 06:35 WIB
Mengenal Istilah Tenaga Kuda pada Mobil

Istilah tenaga kuda atau horse power (hp) saat ini menjadi parameter ukuran performa kendaraan (mechanical horse power). (Foto: Buyacar)

JAKARTA, iNews.id - Istilah tenaga kuda atau horse power (hp) menjadi parameter ukuran performa kendaraan (mechanical horse power). Semakin besar horse power, semakin kuat pula tenaga kendaraan tersebut.

Apa yang melatarbelakangi digunakannya satuan tenaga kuda pada kendaraan? Istilah daya kuda pada kendaraan berawal dari seorang ilmuwan bernama James Watt. Saat bekerja di tambang batubara, dia mengukur berapa banyak air yang bisa diangkut kuda dalam satu detik.

Di mana daya angkut air dalam drum seberat 33.000 foot-pounds per menit sama dengan 0,9 tenaga kuda, atau 550 lbs (250 kg) dalam satu detik. Dia juga berjasa pada terciptanya mesin uap hingga namanya diabadikan sebagai satuan watt. Di mana satu tenaga kuda setara dengan 735,5 hingga 745,7 watt.

Kenapa mesin kendaraan menggunakan tenaga kuda? Karena fungsi mobil atau motor diciptakan menggantikan fungsi kuda sebagai angkutan penumpang dan barang.

Pada awalnya, istilah daya kuda digunakan untuk membandingkan performa antara mesin uap dengan kemampuan tarikan kuda (draft horse). Setelah itu, satuan ini diadopsi untuk mengukur daya keluaran dari piston, turbin, motor listrik, dan mesin lainnya.

Bagaimana perbandingan satu tenaga kuda? Satu daya tidak sama dengan satu ekor kuda. Satu ekor kuda bisa menghasilkan 14,5 horse power. Di mana rata-rata manusia memiliki kekuatan lima tenaga kuda.

Mobil Mercedes-Benz pertama memiliki sekitar 3 hp, setara dengan 44,7 kuda yang menariknya. Jika diasumsikan sekarang, supercar Bugatti Chiron memiliki daya maksimal 1.500 tenaga kuda. Itu artinya mobil tersebut ditarik 22.350 kuda.

Untuk motor listrik, satu daya kuda setara dengan 746 watt. Angka yang tertulis pada label merupakan daya output, bukan daya input. Motor listrik produksi Continental European menggunakan dual rating, di mana 1 hp setara dengan 735 watt.

Adapun ukuran satuan Pferderstaerke (PS) merupakan terjemahan daya kuda dalam bahasa Jerman. Nilainya kurang lebih setara dengan 1 daya kuda metrik.

Editor : Dani Dahwilani