Tantang Harley-Davidson, BMW Rilis Motor Cruiser Berdesain Klasik

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 07 April 2020 - 18:25 WIB
Tantang Harley-Davidson, BMW Rilis Motor Cruiser Berdesain Klasik

Motor berdesain klasik dengan sentuhan modern BMW R18 siap menjegal kepopuleran Harley-Davidson. (Foto: New Atlas)

MUNICH, iNews.id - BMW Motorrad baru saja memperkenalkan motor gede (moge) anyar bernama BMW R18. Motor berdesain klasik dengan sentuhan modern ini siap menjegal kepopuleran Harley-Davidson.

Dilansir dari Newatlas, Selasa (7/4/2020), versi produksi motor ini akan berbeda dengan model perkenalannya. Rencananya, BMW akan merilis dua varian R18, yakni R18 First Edition dengan stripe ganda dan krom, serta R18 versi standar berbalut warna Black Storm Metallic.

Jantung pacu kuda besi ini dibekali mesin boxer berkapasitas 1.802 cc 2-silinder yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 91 hp diputaran 4.750 rpm dan torsi 157 Nm pada 3.000 rpm yang mengalir melewati kopling kering single-disc besar dan girboks 6-percepatan.

Engine tersebut diklaim sebagai mesin terbesar dari keluarga mesin boxer yang pernah digunakan BMW sejak 1923. Ada empat katup per silinder dengan camshafts overhead ganda pada setiap silinder.

Bicara desain, BMW sengaja membuat poros motor terbuka. Ini dilakukan untuk menghormati Beemers (sebutan penggemar BMW) kepada model motor yang dibuat sebelum masa perang, seperti BMW R5 dan BMW R51. Bisa jadi kehadiran BMW R18 terinspirasi dari kedua model tersebut.

Sektor kaki-kaki terlihat sangat mirip hardtail, seolah tidak menggunakan suspensi belakang. Namun BMW tetap menggunakannya, hanya tersimpan rapi di bagian buritan. Sedangkan kaki garpu depan masing-masing berdiameter 49 mm, seperti dua model pendahulunya.

Berdasarkan situs resmi BMW Motorrad, mereka sudah membuka pemesanan R18 dengan harga 17.495 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp291,1 juta untuk tipe standar dan 19.870 dolar AS atau setara Rp330,7 juta untuk tipe First Edition.

Editor : Dani Dahwilani