Tarikan Motor Berat dan Bensin Jadi Boros, Perhatikan Filter Udara

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 31 Juli 2020 - 17:21 WIB
Tarikan Motor Berat dan Bensin Jadi Boros, Perhatikan Filter Udara

Tarikan motor berat dan bensin jadi boros, cek bisa jadi ada masalah pada filter udara. (Foto: Forwot)

JAKARTA, iNews.id - Hampir setiap pengendara sepeda motor pernah merasakan tarikan motor tiba-tiba berat. Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar jadi semakin boros.

Apa yang terjadi? Pemilik bengkel Beji's Motor, Anjas Marbun mengatakan, jika demikian bisa jadi ada masalah pada filter udara. Filter udara yang kotor atau rusak bisa menyebabkan performa motor menurun.

"Kalau filter udara sudah rusak atau terdapat kotoran, asupan udara yang dibutuhkan di area ruang bakar biasanya terhalang oleh kotoran di filter udara," ujarnya, saat dihubungi iNews.id, baru-baru ini.

Anjas menyarankan, sebaiknya pemilik kendaraan rutin mengecek filter udara. Bersihkan jika ada kotoran debu atau partikel lain.

"Kalau perlu, ganti filter udara jika sudah terlihat mulai rusak. Lakukan pengecekan rutin setiap 4.000 kilometer, atau ganti dengan part baru apabila motor sudah dipakai sejauh 16.000 kilometer," katanya.

Perawatan rutin pada sepeda motor kesayangan bisa membuat performa motor terjaga. Jangan sampai rusak karena kelalaian sendiri dan menyusahkan saat di perjalanan.

Editor : Dani Dahwilani