Merawat Mobil Hitam Tidak Kusam dan Jamuran, Perhatikan Kebiasaan Nyuci

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 11:06 WIB
Merawat Mobil Hitam Tidak Kusam dan Jamuran, Perhatikan Kebiasaan Nyuci

Pemilik mobil berwarna gelap wajib memberikan perawatan ekstra karena kendaraan mudah terlihat kotor atau baret.

JAKARTA, iNews.id - Warna mobil yang paling banyak disukai konsumen adalah hitam atau warna gelap. Alasannya sangat sederhana, selain warna netral dan tidak membosankan, kendaraan berkelir gelap memberikan kesan mewah.

Namun, pemilik mobil berwarna gelap wajib memberikan perawatan ekstra. Sebab, kendaraan berwarna gelap cenderung reflektif alias mudah terlihat bila terkena kotoran, debu, serta baret.

Lantas, bagaimana cara efektif merawat mobil hitam? Aftersales Support dari Astra Peugeot, Samsudin mengatakan, cara sederhana yang bisa dilakukan pemilik kendaraan adalah perhatikan waktu mencuci kendaraan.

“Waktu ideal mencuci mobil adalah pagi atau malam hari. Karena jika siang hari, ketika masih ada tetesan air dipermukaan terkena panas matahari. Jika tidak dilap kering mobil berwarna gelap mudah mengekspos jamur semacam noda putih,” ujar Aftersales Support dari Astra Peugeot, Samsudin, dalam keterangannya dilansir iNews.id, Rabu (29/7/2020).

Dia menuturkan, bila kendaraan dicuci menjelang siang atau sore, setelah mobil diberi sabun segera dibilas dengan air bersih. Setelah itu, keringkan sisa air yang menempel dengan lap microfiber. Lakukan proses menyeka atau mengelap dengan gerakan searah agar tidak baret.

Lalu, bagaimana dengan mobil-mobil berwarna gelap yang sudah terlanjur kusam? Samsudin mengatakan, tidak perlu panik pemilik kendaraan dapat merawat sendiri untuk mengembalikan warna.

Di pasaran terdapat banyak pilihan paket ‘car detailing’ yang spesial khusus untuk mengangkat warna mulai pudar. Agar tidak salah pilih, sebaiknya cari produk ‘car detailing’ khusus untuk warna gelap yang punya formulasi mengangkat kembali kualitas warna aslinya.

“Namun juga pastikan formulasi tersebut bersahabat dengan komponen aksesori lain, terutama berbahan plastik berwarna hitam yang menempel pada bodi, seperti karet wiper, karet kaca, lis bodi dan bumper,” kata Samsudin.

Dia menyebutkan produk car detailing umumnya mampu memberikan pigmen hitam masuk ke dalam pori-pori cat untuk kembali menghasilkan warna hitam pekat. Ada juga yang bisa mengangkat noda membandel akibat oksidasi ringan, menutup swirl mark atau baret-baret halus.

Editor : Dani Dahwilani