Touring ala Vespa Rat Bike Tidur di Jalanan Berhari-hari, Meski Kumuh Punya Solidaritas Tinggi

Muhamad Fadli Ramadan ยท Senin, 26 September 2022 - 06:32:00 WIB
Touring ala Vespa Rat Bike Tidur di Jalanan Berhari-hari, Meski Kumuh Punya Solidaritas Tinggi
Mereka yang tergabung dalam komunitas Vespa Rat Bike bisa tidur berhari-hari di jalan saat touring. (Foto: Istimewa/Tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id Vespa Rat Bike adalah komunitas yang memodifikasi kendaraan agar dapat menampung banyak orang. Bahkan, sebagian menjadikan Vespa Rat Bike sebagai rumah. 

Mereka yang tergabung dalam komunitas ini bisa berhari-hari tidur di jalan saat touring. Komunitas Vespa Rat Bike juga biasa disebut Vespa Gembel karena tampilannya yang usang dan biasanya membawa berbagai jenis ‘sampah’ seperti botol-botol bekas. Namun, sebenarnya itu bukan artian sampah sesungguhnya.

Rat sendiri memiliki arti tikus, yang berarti motor terlihat kumuh yang biasanya menjadi sarang para tikus. Kendati begitu, ini nyaman bagi pengendaranya, yang membuat mereka tak masalah berada di jalanan selama berhari-hari ketika touring.

Benyamin S Nugraha, pendiri Vespa Club Indonesia (VCI) dan penggagas Vespa Wolrd Days 2022, mengatakan Vespa Gembel atau Rat Bike sangat berbeda dengan Vespa Ekstrem.

“Sangat berbeda, tidak bisa disamakan. Sekilas memang modifikasi mereka sama-sama ekstrem, tapi ada seni yang berbeda di dalamnya,” ujar pria yang akrab disapa Om Ben itu saat dikonfirmasi iNews.id.

Vespa Rat Bike mengacu pada konsep menjaga motor agar tetap berfungsi tanpa menghabiskan banyak waktu atau uang. Ini penting karena Ves Rat Bike sering digunakan untuk touring jarak jauh.

Sebab itu, kebanyakan perbaikan pada Vespa Rat Bike dilakukan untuk menjaga mesin memiliki kinerja maksimal. Apalagi beban yang dibawa terkadang sangat besar, baik dari modifiakasimaupun jumlah penumpang.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda