5 Motor Kloningan Buatan China, Namanya Lucu-Lucu Bikin Ketawa

Riyandy Aristyo ยท Senin, 27 April 2020 - 21:15 WIB
5 Motor Kloningan Buatan China, Namanya Lucu-Lucu Bikin Ketawa

China merupakan negara yang ahli dalam urusan kloning produk termasuk sepeda motor dengan nama lucu dibuat mirip aslinya. (Brosur Motor Kewesaki)

JAKARTA, iNews.id - China merupakan negara yang ahli dalam urusan kloning produk, baik barang elektronik maupun kendaraan bermotor. Bahkan, sejumlah pabrikan roda dua bisa membuat kloning produk dengan sangat detail mirip aslinya.

Berikut beberapa sepeda motor kloningan yang mirip dengan versi aslinya dikumpulkan iNews.id dari berbagai sumber:

1. Yayama R6

Dari namanya saja sudah jelas bahwa motor ini merupakan replika dari Yamaha R6. Dari segi fisik, desain Yayama R6 punya bodi yang persis dengan Yamaha R6 model lawas.

Kendati demikian, sportbike yang lahir pada 2017 ini hanya menggendong mesin berkapasitas 150 cc, berbeda jauh dengan Yamaha R6 asli bermesin 600 cc.

2. Gulsar 180

Tak hanya pabrikan Jepang saja yang produknya ditiru perusahaan China. Motor asal India juga ada versi tiruannya yakni Gulsar 180, merupakan plesetan dari Pulsar 180.

Diproduksi oleh Taian Chiran Machinery Company Ltd, motor ini memang sekilas mirip dengan Pulsar. Namun, jika diperhatikan secara lebih teliti, desain Gulsar 180 tidak setajam kepunyaan Pulsar 180.

Perusahaan Bajaj, selaku produsen Pulsar, sempat gusar dengan motor tersebut. Bahkan sampai melayangkan gugatan dan memenangkan desain paten atas produknya tersebut.

3. Kewesaki Ninja 150

Nama Kewesaki Ninja 150 cukup lucu saat diucapkan. Secara kasat mata, kuda besi ini mengusung desain yang persis dengan Ninja 250 buatan Kawasaki berkat penggunaan headlamp hingga area belakang.

Meski begitu, Kewesaki Ninja 150 hanya membawa mesin berkapasitas 150 cc dengan tenaga sebesar 24,7 hp. Kecepatan tertinggi motor ini hingga 138 km per jam.

4. Kavassaki MI110GS

Setelah Kewesaki, kini ada replika motor Kawasaki lain yang bernama Kavassaki MI110GS. Sepeda motor ini diproduksi oleh Mortch International Ltd. Meski namanya tak jauh dari Kawasaki, desain motor ini lebih mirip Honda CS1.

Jantung pacunya dibekali mesin 4-tak, silinder tunggal, berkapasitas 107 cc, dengan pendingin udara. Kavassaki MI 110GS diklaim mampu meraih tenaga puncak 5,2 kW dan dijual dengan harga Rp7,7 jutaan.

5. Sprinter MI100-13

Tak hanya mirip Honda CS1, Mortch juga memiliki kloningan Yamaha Jupiter Z, bernama Sprinter MI100-13. Motor ini punya desain mirip dengan Jupiter Z yang sempat dirilis pada pertengahan 2000-an.

Dapur pacunya menggendong mesin 4-tak, silinder tunggal, berkapasitas 107 cc, dengan daya 5 kW pada putaran 7.500 rpm. Sprinter ditawarkan dengan harga Rp6 jutaan.

Editor : Dani Dahwilani