5 PO Bus Penguasa Trayek Seksi, Ada yang Sampai Serawak Malaysia
JAKARTA, iNews.id - Trayek seksi atau trayek basah jelas jadi rebutan perusahaan otobus (PO). Bukan tanpa alasan, mengingat trayek seksi yang meliputi perkantoran, sekolah, hingga pusat perbelanjaan, tentu sangat lah menjanjikan.
Namun begitu, persaingan antar PO di trayek seksi sangat ketat. Mereka dituntut memberikan pelayanan dan harga terbaik hingga tak jarang PO yang tidak memiliki sumber daya kuat harus bangkrut, tersingkir dari medan pertempuran.
Nah, buat kalian yang penasaran, berikut ini adalah daftar PO bus penguasa trayek seksi yang masih eksis sampai saat ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (29/12/2022).
1. PO Antar Lintas Sumatera

Di urutan pertama ada PO bus Antar Lintas Sumatera (ALS). PO yang didirikan di Mandailing Natal sejak tahun 1966 ini menguasai jalur seksi Sumatera-Jawa yang membentang sejauh ribuan kilometer.
Dengan trayek yang sangat panjang melintasi berbagai daerah, PO ALS jelas memiliki jangkauan penumpang yang lebih banyak. Terlebih pada momen mudik dapat dipastikan armada ALS selalu penuh penumpang.
Namun itu harus dibayar dengan medan jalan yang sulit dan juga melelahkan. Dan tampaknya tidak ada PO lain yang lebih kuat dari ALS hingga akhirnya sukses menguasai jalur seksi Sumatera-Jawa.
2. PO Haryanto

Siapa yang tidak kenal dengan PO asal Kota Kudus, Jawa Tengah, Haryanto. Kepopuleran Haryanto sangatlah tinggi hingga menjadikannya sebagai PO dengan penggemar terbanyak.
Namun, tidak hanya sebagai PO dengan penggemar terbanyak, PO Haryanto juga layak disebut sebagai penguasa trayek seksi Jakarta - Madura. Dari 6 PO yang bersaing di trayek tersebut, hanya Haryanto yang selalu dipenuhi penumpang.
3. PO Sinar Jaya

PO bus Sinar Jaya juga tak kalah terkenal. Perusahaan otobus yang berasal dari Kabupaten Bekasi, Jawa Barat ini bukan hanya punya popularitas tapi juga nama besar yang begitu melegenda.
Dengan pelayanan terbaik dan harga yang bersaing, Sinar Jaya sukses menaklukan trayek yang saat ini jadi rebutan para pengusaha bus, yakni trayek Jakarta - Jogja. Di trayek ini Sinar Jaya bersaing dengan puluhan PO bus lainnya termasuk juga dengan PO Rosalia Indah dan Murni Jaya.
4. PO Agra Mas

PO yang identik dengan livery berwarna merah ini telah melibas para pesaingnya dan sukses menjadi pemain atas di trayek Winogiri - Jakarta. Agra Mas berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu PO bus terbaik di Indonesia.
Untuk diketahui, PO bus yang bermarkas di Jakarta Timur ini telah bertahun-tahun malang-melintang menawarkan layanan angkutan kepada para penumpang. Agra Mas bahkan sempat didapuk sebagai PO pelopor keselamatan oleh Kemenhub.
5. Damri

PO milik pemerintah ini menjadi salah satu PO yang banyak menguasai trayek seksi. Namun, berbeda dari PO lainnya, PO bus yang sudah berdiri sejak Indonesia belum merdeka ini menguasai trayek seksi di pedalaman.
Damri berhasil menjadi satu-satunya PO yang beroperasi di wilayah Papua. Selain Papua, Damri juga jadi penguasa di trayek -trayek perbatasan dan antar negara, seperti trayek Pontianak menuju daerah Serawak, Malaysia.
Damri menjadi satu-satunya PO bus yang beroperasi di wilayah-wilayah tersebut, otomatis ada banyak pundi-pundi juga yang didapatkan. Apalagi di daerah juga mobilitas masyarakat tidak pernah sepi.
Editor: Ismet Humaedi