Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Karyawan PO Bus Kena PHK gegara Kebijakan Gubernur Jabar Dedi Mulyadi Larang Study Tour
Advertisement . Scroll to see content

7 Desain Bus Mewah di Dunia Jadi Contekan Karoseri Indonesia, Ini Paling Disukai Busmania

Senin, 19 Desember 2022 - 18:30:00 WIB
7 Desain Bus Mewah di Dunia Jadi Contekan Karoseri Indonesia, Ini Paling Disukai Busmania
Ada banyak produsen bus di dunia yang menghadirkan armada dengan desain, spesifikasi, dan fasilitas premium. Ini dilakukan demi kepuasan para penumpang. (Foto: Autoline)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id – Kenyamanan dan keamanan menjadi kunci utama bagi penyedia transportasi dalam menggaet penumpang. Sebab itu, produsen bus berlomba-lomba membuat armada mewah dengan memberikan kenyamanan kepada penumpang.

Saat ini, ada banyak produsen bus di dunia yang menghadirkan armada dengan desain, spesifikasi, dan fasilitas premium. Ini dilakukan demi kepuasan para penumpang.

Tercatat ada lima bus mewah di dunia yang menjadi acuan perusahaan karoseri bus di Indonesia. Apa sajakah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretannya

1. Irizar PB

Irizar PB merupakan perusahaan karoseri asal Spanyol yang terkenal dengan model bus mewah. Jika dilihat dari tampilan eksterior, bus ini sudah terlihat dengan fasilitas premium dan menawarkan kenyamanan.

Irizar PB adalah salah satu bus terbaik di dunia dengan julukan The Luxury. Bus ini mewakili kemewahan kendaraan bak hotel bintang lima.

Model bus Irizar PB menjadi kiblat dari karoseri di Indonesia, seperti Adiputro dan New Armada. Mereka meniru dan menyesuaikanya sesuai kebutuhan di Tanah Air.  Beberapa Perusahaan Otobus (PO) juga telah menggunakan model ini untuk mewakili kemewahan.

2. Travego

Travego menjadi bus terbaik dengan desain simpel, tapi tetap memperlihatkan kemewahan. Bodi bus ini bisa dilihat di Indonesia melalui rancangan karoseri Adiputro pada model Royal Coach dan Jetbus Series.

Travego biasanya menggunakan sasis dari Mercedes-Benz yang dikenal memberikan kemewahan dan kenyamanan. Sama halnya dengan Adiputro yang kerap memasangkan bodi Royal Coach dan Jetbus Series pada sasis produsen asal Jerman itu.

3. Setra

Setra masih memiliki hubungan dangan Travego karena masih berdiri di bawah atap Evobus. Desain bus ini menjadi inspirasi karoseri di Indonesia, terutama pada bagian selendang yang kerap dijumpai pada bodi Legacy Sky besutan Laksana.

The stylist atau bergaya merupakan julukan Setra, karena modelnya tak habis di makan usia, meski modelnya diperkenalkan sejak 2013 lalu. Bahkan, hingga saat ini banyak bus yang masih menggunakan bodi tersebut.

Di Indonesia juga banyak karoseri yang meniru desain bus Setra sama persis dengan model aslinya. Itu karena desainnya yang sangat sederhana tapi tetap terlihat sporty dan tak membosankan saat dipandang dalam waktu lama.

4. Volvo 9700

Volvo 9700 merupakan sebuah bus yang dibangun di atas sebuah sasis tronton sehingga ruang kabin lebih lebar dan panjang. Model bus ini diproduksi langsung Volvo.

Bus asal Swedia ini menawarkan tingkat keselamatan tinggi, dan disematkan berbagai fitur hiburan menarik. Dari sisi keamanan, bus ini dilengkapi fitur Front Underrun Protection (FUP), Front Impact Protection (FIP), Engine compartment fire suppression system (EFSS), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Rollover testing R66 compliant.

Volvo 9700 memiliki sistem pengereman cakram dengan antilock braking system (ABS) dengan sirkuit ganda. Terpasang juga Electronic Braking System (EBS) generasi kelima.

Untuk memberikan kenyamanan, Volvo membekali Suspensi leveling otomatis, 2 pegas udara pada sumbu roda depan, 4 di gearbox dan 2 di sumbu roda statis, serta 2 peredam kejut dan sway bar di setiap sumbu roda.

Dari sisi performa, Volvo 9700 menggunakan mesin berkode D13w/SCR 13L dengan 6 silinder yang dapat menghasilkan tenaga 435 hp dan torsi maksimal 2.250 Nm pada 1.100 rpm, yang disalurkan melalui 12-percepatan semi-otomatis.

5. Lion’s Coach

Lion’s Coach merupakan bus buatan MAN, sebuah perusahaan yang fokus pada trus dan bus, serta penyedia sasis tronton. Bus ini menawarkan keandalan, kenyamanan, aman, dan ekonomis, yang menjadi nilai jual perusahaan di Eropa.

MAN memang tidak diragukan lagi dalam menyediakan sasis untuk bus kelas premium dengan menawarkan kenyamanan. Beberapa PO di Indonesia juga menggunakan sasis produsen asal Jerman itu untuk dijadikan line-up kelas premium mereka.

Sasis MAN yang populer digunakan di Indonesia adalah R37 dan yang terbaru adalah RR4 yang memiliki tenaga besar. MAN membekali RR4 dengan tenaga 480 hp dan torsi puncak 2.300 Nm pada 950-1.400 rpm.

6. Scania Touring

Scania Touring memiliki tampilan yang berkesan garang dan berani saat melibas aspal jalanan. Tampak depan dari bus ini sama seperti model truk yang dikeluarkan oleh Scania dengan aksen hitam di bagian tengah.

Sasis tronton Scania memang sudah sangat populer dikalangan PO bus di Indonesia, karena kerap dijadikan bus double decker atau bus yang memiliki deck tinggi. PO bus di Indonesia belum ada yang membawa bus dari Scania secara utuh karena pajak bea cukai yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, karoseri Tentrem mengadopsi desain Scania Touring pada rancangan bodi bus buatan mereka yang diberi nama Scorpion King. Desain lampu belakangnya juga menjadi inspirasi bagi perkembangan bus-bus di Indonesia.

Scania Touring sendiri dijuluki sebagai the explore atau penjelajah, karena karakter bus ini sangat cocok untuk berpetualangan atau untuk armada pariwisata. Itu dikarenakan bus memiliki performa tangguh dan memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi.

7. Neoplan Starliner

Model bus Neoplan Starliner sangat unik dan terkesan berbeda dari bus-bus buatan karoseri lainnya. Namun, desain tersebut memberikan karakter yang kuat pada bus tersebut, terutama pada bagian depan yang membuatnya terlihat lebih lebar dan besar.

Selain itu, bus ini juga menawarkan keamanan, kenyamanan, ditambah panoramic view menambah nilai dari bus ini. Memiliki kaca yang sangat lebar pada bagian depan, dan kaca kecil di bagian atap, membuat penumpang merasa bagian dalam bus lebih lebar.

Salah satu karoseri asal Indonesia yang meniru desain tersebut adalah Tentrem yang menamakan bodi buatan mereka dengan sebutan Avante. Namun, Tentrem tak menambahkan kaca pada bagian atap karena difungsikan sebagai bagasi.

Editor: Ismet Humaedi

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut