Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Kronologi Lengkap Sopir Bus Rosalia Indah Ugal-ugalan hingga Akhirnya Dipecat!
Advertisement . Scroll to see content

Alasan Bus Model Sekarang Mesinnya Berada di Belakang, Banyak Dipakai AKAP

Selasa, 14 Maret 2023 - 09:43:00 WIB
Alasan Bus Model Sekarang Mesinnya Berada di Belakang, Banyak Dipakai AKAP
Untuk trayek AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), bus bermesin belakang menjadi pilihan karena memberikan kenyamanan. (Foto: Juragan99)
Advertisement . Scroll to see content

Mercedes-Benz bisa dikatakan sebagai pelopor penyedia sasis bermesin belakang dengan mengeluarkan OH 1113. Di mana, “OH” adalah kode dari Mercedes-Benz yang merupakan singkatan dari Omnibusse Heckeinbau yang artinya sasis dengan mesin belakang.

Sasis Mercedes-Benz OH 1113 juga dikenal dengan sebutan Mercy Doyok, yang generasi awalnya menggunakan mesin diesel OM 352A. Mesin ini memiliki tenaga cukup besar sehingga AC bisa langsung terpasang.

Sekarang, produsen penyedia sasis bus lainnya seperti Hino juga sudah menyediakan mesin belakang. Bahkan, tingkat kenyamanannya juga semakin mendekati sasis-sasis dari Eropa, seperti Scania, Volvo, dan juga Mercedes-Benz.

Namun, sasis bermesin belakang juga memiliki kekurangan, yaitu harganya yang sangat mahal dibandingkan mesin depan. Bahkan, selisih harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Misal, untuk sasis premium Mercedes-Benz OH 1626 dibanderol dengan harga Rp1,025 miliar. Sementara untuk sasis premium lainnya dari Mercedes-Benz, yakni OF 1623 bermesin depan dijual Rp700 jutaan.

Editor: Ismet Humaedi

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut