Batal Digelar Tahun Ini, Detroit Auto Show Dijadwalkan September 2021

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 22 September 2020 - 07:28 WIB
Batal Digelar Tahun Ini, Detroit Auto Show Dijadwalkan September 2021

Pameran otomotif North American International Auto Show (NAIAS) atau dikenal dengan Detroit Auto Show digelar pada September 2021. (Foto: Carscoops)

DETROIT, iNews.id - Pameran otomotif North American International Auto Show (NAIAS) atau dikenal dengan Detroit Auto Show batal digelar tahun ini. Penyelenggara terpaksa mengubah jadwal pameran menjadi September 2021 akibat pandemi Covid-19.

Dilansir dari Carscoops, Selasa (22/9/2020), NAIAS secara tradisi biasa digelar pada Januari. Tetapi pindah ke Juni atau musim panas guna memasukkan acara-acara di luar ruangan serta menjauhkan diri dari event Costumer Electronics Show (CES) dan Los Angeles Auto Show.

Namun, acara gagal digelar karena pandemi virus corona (Covid-19). Di mana lokasi pameran TCF Center di Detroit, AS disulap menjadi rumah sakit darurat Covid-19.

Penyelanggara memutuskan membatalkannya dan menggelar pameran pada Juni 2021. Tetapi jadwal Detroit Auto Show 2021 diubah kembali menjadi September hingga 9 Oktober 2021.

Penyelenggara menjanjikan pameran ini menjadi ajang kebangkitan kendaraan listrik global dan mobilitas generasi mendatang.

“Kami telah berbicara dengan banyak mitra terutama OEM (produsen), dan mereka sepenuhnya setuju dan bersemangat tentang perubahan tanggal," ujar Direktur Eksekutif NAIAS Rod Alberts.

Atas keputusan ini, penyelenggara tampaknya menyerah pada ide musim panas, beralih ke musim gugur di jadwal berikutnya. Ini bisa menjadi ide yang buruk karena menempatkan event bersaing dengan IAA Munich - sebelumnya dikenal sebagai Frankfurt Motor Show - yang juga akan dimulai pada awal September 2021.

Namun, penyelenggara berdalih mengamankan tanggal di akhir bulan, bisa mengamati pemeran IAA Munich.

"September adalah waktu yang tepat dalam setahun untuk produk baru, dan pada saat yang sama, meringankan tantangan yang dihadirkan kalender pameran otomotif musim semi yang ramai untuk para pemangku kepentingan pameran otomotif," kata Albert.

Berdasarkan jadwal, Detroit Auto Show dibuka untuk media pada 28 dan 29 September. Sementara pertunjukan untuk umum berlangsung pada 2 Oktober hingga 9 Oktober 2021.

Editor : Dani Dahwilani