Belanja Online Tumbuh, Segmen Otomotif Turut Meningkat

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 18:41 WIB
Belanja Online Tumbuh, Segmen Otomotif Turut Meningkat

Perilaku pasar berubah, tren belanja online di Indonesia terus tumbuh termasuk di antaranya produk lifestyle otomotif. Hal ini diungkap Shopee dalam Ngobrol Juara E-Commerce 2019. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Tren belanja online di Indonesia terus tumbuh termasuk di antaranya produk lifestyle otomotif. Peningkatan ini seiring dengan perilaku pasar dan gaya hidup masyarakat Indonesia terutama generasi milenial yang serba digital.

Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar mengemukakan, semua segmen growth. Ini menjadi tren positif. Ini dapat dilihat dari momen 12.12 perusahaan membukukan transaksi hingga Rp1,3 triliun.

"Semua mengalami growth tinggi, ini dapat dilihat dari transaksi yang mencapai Rp1,3 triliun di momen 12.12. Semua segmen growing, termasuk dalam sektor otomotif itu betul," ujarnya, dalam acara Ngobrol Juara E-Commerce 2019 di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Secara umum berdasarkan riset PDAT, Tokopedia dan Shopee menjadi dua e-commerce yang berada di posisi teratas, sebagai e-commerce paling populer, paling sering dikunjungi, produknya paling sering dibeli dan telah memberikan layanan terbaik kepada pembeli/pelanggannya.

Bukalapak dan Lazada, berada di posisi yang hampir sama, secara umum menempati posisi ke-3 dan ke-4, dan angkanya terpaut jauh dari Tokopedia dan Shopee

Di posisi berikutnya ada JD.ID, Blibli dan OLX menjadi e-commerce dalam satu kelompok yang memiliki karakteristik sama, posisinya terpaut jauh di bawah di bawah Bukalapak dan lazada.

Untuk kategori website, Tokopedia meraih posisi tertinggi sebagai situs web e-commerce yang paling banyak dikunjungi (the most visited web) di Indonesia. Shopee berada di posisi ke-2 setelah Tokopedia. Selanjutnya, Bukalapak dan Lazada berada di urutan ke-3 dan ke-4.

Untuk mobile apps, Shopee justru meraih posisi teratas dalam pencapaian jumlah pengguna aktif tertinggi (highest monthly active user). Tokopedia berada di urutan ke-2 diikuti Bukapalak dan Lazada.

Di sisi lain, memulai awal 2020, Shopee menggelar kampanye New Year Sale yang akan berlangsung pada 31 Desember 2019 - 12 Januari 2020. Berbagai promo menarik dapat dinikmati pengguna, di antaranya tematik mulai dari Mobile and Accessories Day, Cashback Day hingga Shopee Mall Day untuk memenuhi resolusi pengguna di tahun baru.

Editor : Dani Dahwilani