Beli Mobil Bekas untuk Digunakan Harian, Ini 4 Hal Harus Diperhatikan agar Kantong Tidak Jebol

Bertold Ananda · Selasa, 08 Juni 2021 - 07:35:00 WIB
Beli Mobil Bekas untuk Digunakan Harian, Ini 4 Hal Harus Diperhatikan agar Kantong Tidak Jebol
Bagaimana membeli mobil bekas yang akan digunakan untuk aktivitas sehari-hari, apa yag harus diperhatikan? (Foto: Antara) 

JAKARTA, iNews.id - Banyak konsumen yang masih bingung apakah membeli mobil bekas atau beli mobil baru untuk pemakaian harian. Masing-masing tentu ada plus dan minusnya. 

Membeli mobil bekas bagi sebagian orang menjadi alternatif terbaik karena harganya lebih terjangkau. Namun, banyak juga yang memilih membeli mobil baru karena minim perawatan. 

Tapi, ingat membeli mobil harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Sebab itu, banyak orang yang akhirnya beralih membeli mobil bekas karena ebih ekonomis.  

Bagaimana membeli mobil bekas yang akan digunakan untuk aktivitas sehari-hari, apa yag harus diperhatikan? 

1. Budget 

Budget merupakan hal paling penting saat membeli mobil bekas. Anggaran yang disiapkan bukan hanya untuk membeli mobil, tapi juga biaya perbaikan dan perawatan kendaraan. Sebab, mobil bekas pasti memiliki kekurangan karena umur pemakaian.   

Jika Anda punya budget Rp50 juta untuk membeli mobil jangan habiskan seluruhnya untuk mobil. Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp5 juta sampai Rp10 juta untuk perawatan dan perbaikan. Ini agar mobil yang Anda beli dapat digunakan sehari-hari aman dan nyaman tanpa ada masalah di jalan. 

2. Pilih mobil terkenal bandel 

Membeli mobil bekas untuk harian pilih merek yang terkenal awet dan bandel. Bila tidak paham, tanyakan kepada teman atau bengkel yang mengerti kondisi mesin. Mobil yang bandel tidak akan merepotkan Anda karena kerusakan.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2