Dampak Virus Corona, Daihatsu Akui Penjualan dan Kunjungan ke Bengkel Turun

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 18:29 WIB
Dampak Virus Corona, Daihatsu Akui Penjualan dan Kunjungan ke Bengkel Turun

Dampak wabah virus corona (Covid-19), Daihatsu mengakui membuat penjualan dan kunjungan konsumen ke bengkel menurun. (Foto: Daihatsu)

JAKARTA, iNews.id - Langkah social distancing atau pembatasan sosial dilakukan sebagian masyarakat Indonesia untuk mencegah penularan virus corona (Covid-19). Aturan ini membuat penjualan mobil terganggu.

Marketing and CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengatakan penjualan mobil Daihatsu selama isu Covid-19 di Indonesia menurun.

"Kalau dilihat dari SPK (surat pemesanan kendaraan) dalam satu pekan terakhir ini, dari hari ke hari mengalami penurunan signifikan. Angkanya akan kami rilis akhir Maret ini," ujar Hendra saat dihubungi iNews.id, Selasa (24/3/2020).

Tak hanya penurunan penjualan, wabah corona juga membuat kunjungan konsumen ke bengkel juga menurun. Karena semua orang disarankan bekerja di rumah.

"Sejak pemerintah mengeluarkan peraturan agar masyarakat bekerja dari rumah, kunjungan konsumen semakin sedikit selama sepekan terakhir ini. Kami tidak masalah karena untuk keselamatan mereka juga," kata Hendra.

Beberapa strategi yang dilakukan Daihatsu Indonesia mengantisipasi meluasnya virus corona adalah menunda aktivitas pameran-pameran di mal dan memberlakukan karyawan untuk bekerja di rumah.

"Jadi, saat pemberlakuan bekerja di rumah, kami membagi dua team sales force. Di mana masing-masing anggota tim tidak boleh saling bertemu. Setiap dealer juga kami sediakan alat pengukur suhu dan hand sanitizer," katanya.

Editor : Dani Dahwilani