Deretan Merek Mobil Nasional di Asia Tenggara, Timor dan Proton Sempat Booming Berakhir Tragis

Tangguh Yudha ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 18:22:00 WIB
Deretan Merek Mobil Nasional di Asia Tenggara, Timor dan Proton Sempat Booming Berakhir Tragis
Di Asia Tenggara ada beberapa merek mobil nasional yang pernah berjaya dan ada juga yang sedang berkembang sekarang. (Foto: Timor/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Bicara mobil, masyarakat akan melirik pabrikan Eropa, Jepang atau Korea. Padahal, di Asia Tenggara ada beberapa merek mobil nasional yang pernah berjaya.

Sayang seribu sayang, ada yang mati sebelum berkembang. Adapula yang diakuisi pabrikan dari negara lain. Namun, ada pula yang baru dibangun dan berkembang.

Kira-kira merek mobil nasional legendaris di Asia Tenggara? Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (3/10/2022), berikut ulasannya.

1. Proton

Di urutan pertama merek mobil nasional Malaysia, Proton. Mobil tersebut didirikan pada 1983 atas inisiatif Perdana Menteri Malaysia saat itu, Mahathir Mohammad. Pada masa jayanya, Proton menguasai 74 persen pangsa pasar mobil di Malaysia.

Selama kehadirannya, Proton sukses merilis beberapa model mobil termasuk di pasaran Indonesia, antara lain Wira, Waja, Saga, Persona, Savvy, Neo, Preve, Suprima S, serta Iriz. Model menjadi yang menjadi andalan mereka adalah Proton Exora.

Namun, seiring perbedaan kebijakan di negara tersebut pamor Proton turun. Nasib terakhir, mobil kebanggaan Malaysia itu diakuisisi pabrikan asal China Chery.   

2. Timor

Indonesia juga tidak kalah maju di bidang otomotif. Indonesia memiliki beberapa merek mobil nasional, salah satunya yang paling melegenda adalah Timor.

Merek mobil ini lahir di zaman pemerintahan Presiden Soeharto. Pabrikan yang beroperasi antara 1996 hingga 2000 tersebut sempat booming.

Timor laris bukan tanpa alasan. Ini lantaran harga mobil tersebut murah, bahkan mencapai setengahnya dari pesaing di segmen mobil yang sama. Model mobil Timor yang berhasil diluncurkan, antara lain Timor S5, Timor SW516i. Namun, di awal 2000-an merek mobil ini menghentikan operasi.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda