Ducati Superleggera V4 Berbodi Serat Karbon Hanya Diproduksi 500 Unit di Dunia

Dani M Dahwilani ยท Senin, 10 Februari 2020 - 07:15 WIB
Ducati Superleggera V4 Berbodi Serat Karbon Hanya Diproduksi 500 Unit di Dunia

Ducati menyiapkan superbike Superleggera V4 yang diproduksi terbatas hanya 500 unit di seluruh dunia. (Foto: Carscoops)

MILAN, iNews.id - Ducati menyiapkan superbike Superleggera V4 yang diproduksi terbatas hanya 500 unit di seluruh dunia. Apa keistimewaan motor sport ini?

Dilansir dari Carscoops, Minggu (9/2/2020), Ducati Superleggera V4 menggendong mesin 998 cc V-four yang menghemburkan 231 tenaga kuda (horse power/hp) dengan sistem pembuangan Akrapovic untuk penggunaan di trek dan 220 hp spesifikasi jalan raya.

Pabrikan Italia itu merancang Superleggera V4 menjadi sepeda motor produksi pertama di dunia dengan seluruh struktur penahan beban dibuat dari serat karbon, termasuk rangka, subframe, roda, dan swingarm.

Ini membuat motor tersebut menonjol dengan sayap serat karbon aerodinamis yang tajam dengan fairings berbobot 110 lbs (50 kg). Fitur tersebut bermanfaat untuk meningkatkan stabilitas di tikungan dan pada saat kecepatan 168 mph (270 km/jam) mengurangi roda depan terangkat di tengah akselerasi tinggi.

Secara keseluruhan, Ducati Superleggera V4 memiliki berat hanya 159 kg (350 lbs) untuk model standar dan 152,2 kg (335 lbs) untuk tipe Racing Kit, yang memberikan rasio power-to-weight terbaik dari setiap motor legal jalan.

Di bagian lain, superbike ini menggunakan sistem suspensi Ohlins ringan dengan peredam kejut titanium dan katup turunan GP yang meningkatkan redaman selama kompresi awal. Ada juga rem Brembo dan tutup radiator khusus yang dibuat dari aluminium solid serta kunci kontak baru yang menunjukkan nomor sasis dari masing-masing motor.

Ducati hanya membangun motor ini 500 unit dengan pengiriman pertama dimulai pada Juni 2020. Sayang, belum ada keterangan mengenai harga motor tersebut yang pastinya tidak murah.

Ducati Superleggerra V4. (Foto: Carscoops)
Ducati Superleggerra V4. (Foto: Carscoops)

Editor : Dani Dahwilani