GIIAS 2020 Diundur Oktober, Honda Belum Putuskan Ikut atau Tidak

Dani M Dahwilani ยท Senin, 11 Mei 2020 - 09:59 WIB
GIIAS 2020 Diundur Oktober, Honda Belum Putuskan Ikut atau Tidak

Kondisi pasar belum menentu akibat virus corona, Honda belum dapat menentukan keikutsertaan di GIIAS 2020. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah memutuskan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di ICE BSD City, Tangerang, diundur pada 22 Oktober-1 November 2020. Apakah Honda akan ikut ambil bagian dalam event ini?

"Untuk GIIAS, nanti kami sedang bahas di internal soal keikutsertaan kami. Tentu saja kami dapat informasi, pameran ini tetap jalan pada Oktober yang di ICE BSD City, yang Surabaya lebih dulu dSeptember. Untuk Makasssar dan medan dibatalkan," ujar Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM Yusak Billy dalam video conference, baru-baru ini.

Dia mengatakan, pihaknya belum dapat menentukan keikutsertaan di GIIAS 2020. "Sekali lagi untuk ikut serta atau tidak, lalu seperti apa terus terang masih dibahas. Kami belum tahu pandemi ini seperti apa ke depan. Tapi kami selalu memantau kondisi terkini, lagi dibahas secara matang," katanya.

Yusak menyebutkan terkait peluncuran pihaknya masih melihat kondisi pasar. "Kami mengikuti kondisi pasar dan situasi terkini, tidak bisa dibicarakan sekarang karena kondisinya masih sangat berubah setiap saat. Belum bisa kami lakukan," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua III Gakindo, sekaligus Ketua Penyelenggara GIIAS 2020, Rizwan Alamsjah menjelaskan beberapa penyesuaian mencakup pergeseran tanggal penyelenggaraan dan pengurangan durasi pameran khusus untuk GIIAS Surabaya 2020.

“Kami harus membuat penyesuaian untuk fokus memenuhi kebutuhan industri dan tetap memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengunjung. Kami mencapai kesimpulan menggeser tanggal penyelenggaraan adalah pilihan terbaik. Di mana GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada September dan The 28th GIIAS, BSD-CITY pada Oktober,” katanya.

Rizwan menerangkan rencana itu adalah berdasarkan prediksi tanggap darurat yang ditetapkan pemerintah serta menimbang waktu persiapan yang dibutuhkan penyelenggaraan pameran.

Adapun rencana penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung selama lima hari di Grand City Convex Surabaya, pada 2-6 September 2020, dari sebelumnya pada 20-29 Maret 2020. Sementara GIIAS 2020 di ICE BSD City diundur menjadi 22 Oktober-1 November 2020, dari sebelumnya pada 7-17 Agustus 2020.

Rizwan yakin penyelenggaraan GIIAS 2020 The Series menjadi ajang paling tepat untuk bersama membangkitkan industri otomotif Indonesia.

"Gaikindo percaya dengan penyesuaian waktu, pameran GIIAS The Series akan tetap menjadi pilihan terbaik bagi para Agen Pemegang Merek (APM) industri otomotif untuk kembali bangkit. Ini menunjukkan semangat pencapaian lewat berbagai produk dan inovasi terkini kepada masyarakat, dan kembali memenuhi kebutuhannya pada 2020,” ujarnya.

Editor : Dani Dahwilani