Goodyear Ciptakan Ban Bisa Ngomong, Lapor Kondisi Ban pada Pengemudi
JAKARTA, iNews.id – Goodyear mengembangkan teknologi ban bisa berbicara (ngomong) untuk memberikan informasi kepada pengemudi. Bagaimana cara kerjanya?
Goodyear menerapkan teknologi sensor untuk memperluas fungsi ban dari fungsi tradisional dengan penggunaan teknologi Internet of Things (IoT). Pemanfaatan teknologi ini diklaim bisa memberikan informasi dan meningkatkan keselamatan berkendara.
Head of Communication PT Goodyear Indonesia, Wicaksono menyebutkan, menghubungkan ban dengan teknologi sensor memperluas fungsi ban dari fungsi tradisional membuka banyak asupan informasi yang bermanfaat bagi penguasaan kemudi, keselamatan, kenyamanan berkendara dan terutama perkembangan mobilitas masa depan.
Meskipun penerapan sensor pintar masih belum sepenuhnya tercapai secara luas untuk seluruh tipe kendaraan di dunia, tetapi Goodyear terus melakukan penelitian dan pengembangan serta mengedukasi masyarakat tentang teknologi sensor pada ban.
“Dari perspektif fleet management atau manajemen armada, data-data yang dikumpulkan dari sensor ban menjadi penting agar “ban bisa bicara”, memperingatkan pengemudi tentang masalah ban yang muncul, sehingga pengemudi dapat melakukan antisipasi. Sensor akan mengirimkan peringatan melalui indikator tertentu (biasanya kedipan lampu di panel dashboard) dan mengirimkan umpan balik kepada sistem pemeliharaan armada melalui telematika”, ujar Wicaksono.