Harga Suku Cadang Mobil Terus Naik, Perusahaan Asuransi Teriak

Bertold Ananda ยท Senin, 11 Oktober 2021 - 15:16:00 WIB
Harga Suku Cadang Mobil Terus Naik, Perusahaan Asuransi Teriak
Asosiasi Asuransi Jerman melaporkan harga suku cadang kendaraan terus naik melambung hingga 44 persen sejak 2013. (Foto: Professional Auto Mechanic)

BERLIN, iNews.id - Hadirnya mobil baru membuat harga semakin tinggi. Tidak hanya harga unit, spartpart (suku cadang) kendaraan juga ikut naik.

Asosiasi Asuransi Jerman melaporkan harga suku cadang kendaraan terus naik melambung hingga 44 persen sejak 2013. Ini juga terjadi di Indonesia. Setiap ada produk baru harga akan naik. 

Dilansir dari Carscoops, Senin (11/10/2021), mereka menggambarkan pasar suku cadang digambarkan sebagai “kuasi-monopoli”, yang berarti hanya sejumlah kecil pemasok besar yang terlibat tidak memiliki insentif untuk menurunkan harga, Ini disebabkan tidak banyak persaingan di antara mereka.

Selain itu, pabrikan mobil juga telah mematenkan desain eksterior model mereka sehingga sangat sulit bagi perusahaan pihak ketiga memproduksi alternatif yang lebih terjangkau dan ekonomis. Sebab itu, bengkel dan individu dipaksa untuk membeli komponen dan suku cadang asli dengan harga yang telah ditentukan pabrikan.

Asosiasi Asuransi Jerman mengklaim harga naik rata-rata 6 persen setiap tahun. Harga gril radiator serta perintilan kecil naik 9 persen. Ini mungkin tidak terdengar begitu dramatis. Tetapi tren ini sedang berlangsung dan secara tidak langsung membuat perbedaan besar dalam biaya perbaikan.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: