Hino Ungkap 95 Persen Konsumen Kendaraan Komersial Bergantung Kredit

Dani M Dahwilani ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 07:23 WIB
Hino Ungkap 95 Persen Konsumen Kendaraan Komersial Bergantung Kredit

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengungkapkan 95 persen konsumen kendaraan komersial membeli mobil secara kredit. (Foto: Dok/iNews)

JAKARTA, iNews.id - Produsen kendaraan niaga, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) mengungkapkan 95 persen konsumen membeli mobil secara kredit. Mereka bergantung pada perusahaan pembiayaan atau leasing untuk menjalankan bisnis.

Chief Operating Officer (COO) PT HMSI, Santiko Wardoyo mengungkapkan, kondisi ini berdampak pada pengetatan perusahaan pembiayaan selama wabah virus corona (Covid-19) untuk meminimalisir kredit macet. Ini berimbas pada bisnis kendaraan di sektor komersial.

"Pengusaha busa dan truk 95 persen menggunakan kredit, ada yang melalui leasing, ada juga pakai bank. Hanya 5 persen yang cash, itu pun perusahaan yang besar sekali, tapi jarang," ujar Santiko dalam acara Ngobrol Virtual bersama Forum Wartawan Otomotif (Forwot), baru-baru ini.

Dia mengakui pada masa pandemi saat ini, kebanyakan leasing mengeluarkan kebijakan pengetatan biaya kendaraan dan menaikan uang muka (downn payment/DP).

"Sekarang mereka hanya menerima DP 30-40 persen. Itu membuat kondisi pasar lebih buruk. Dengan adanya pengetatan leasing ini sangat berat dampaknya bagi kita," katanya.

Sebab itu, kata dia, pasar kendaraan komersial sangat bergantung pada kondisi ekonomi. Sedikit berbeda dengan pasar kendaraan penumpang.

"Jadi, ini bukan bicara masalah emosional buying, tapi betul-betul rasional buying sehingga ekonomi sangat berperan penting. Jadi, dengan ekonomi turun dampaknya bagi truk cukup besar," ujarnya.

Diketahui, dampak Covid-19 membuat penjualan HMSI kurang baik. Terutama di segmen bus akibat PSBB dan larangan mudik. Di mana penjualan Hino pada Januari-April 2020 turun sekitar 40 persen.

Editor : Dani Dahwilani