Intip Cara Kerja Sistem Penggerak Roda Depan Xpander, Kini Digunakan Banyak Mobil MPV

Lebih jauh, Rifat menjelaskan, hilangnya axle membuat kabin lebih senyap dan tenaga mesin yang disalurkan ke roda lebih maksimal. "Misal mobil mesin bertenaga 100 hp, jika mobil penggerak roda belakang, total tenaga yang dikeluarkan ke roda akan terpangkas 35 persen. Mobil FWD ada tapi tidak terlalu besar," katanya.
Dia melanjutkan mobil berpenggerak roda depan juga unggul saat traksi atau gaya gesek ban mobil dan permukaan jalan ketika hujan. Gaya gesek lebih aman karena roda depan yang menarik roda belakang. Berat mesin mobil yang berada di depan dapat membantu traksi lebih aman.
"Justru dengan menganut sistem penggerak roda depan, keunggulan Mitsubishi Xpander ada pada traksi mobil di jalanan licin terutama pada saat hujan. Traksi mobil FWD diketahui akan lebih bagus pada jalan kondisi yang licin,"ujar Rifat.
Dia menerangkan ini karena roda depan bertugas menarik mobil, bukan mendorong seperti kendaraan dengan penggerak roda belakang (rear wheel drive/RWD). Selain itu, berat mesin mobil yang berada di depan, lebih memberikan rigid pada roda, sehingga membantu traksi di saat kondisi hujan maupun jalan licin.
Editor: Dani M Dahwilani