Kaca Mobil Berembun saat Hujan, Begini Cara Mengatasinya

Dani M Dahwilani · Minggu, 28 November 2021 - 13:38:00 WIB
Kaca Mobil Berembun saat Hujan, Begini Cara Mengatasinya
Embun pada kaca mobil terjadi akibat kelembaban di luar sangat tinggi dan adanya perbedaan suhu di luar serta di dalam kabin mobil. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kaca mobil berembun kerap terjadi pada saat hujan turun atau malam hari terutama di daerah dingin. Penyebab kaca berembun sering terjadi karena masalah suhu di dalam kabin serta mengindikasikan ada masalah pada AC mobil. 

Embun pada kaca mobil terjadi akibat kelembaban di luar sangat tinggi dan adanya perbedaan suhu di luar serta di dalam kabin mobil. Kaca mobil yang berembun dapat mengganggu jarak pandang ketika berkendara terlebih saat sedang hujan.  

Bagaimana cara mengatasinya. Dilansir dari Carsome lima tips mengatasi kaca mobil berembun.

1. Turunkan Temperatur di Kabin Mobil 

Embun pada kaca mobil terjadi karena adanya perbedaan suhu yang ada di luar dan di dalam kabin. Untuk itu, kamu dapat menurunkan temperatur di dalam kabin mobil sehingga pengembunan (kondensasi) berkurang. 

 2. Nyalakan Fitur Defogger  

Jika mobil kamu dilengkapi dengan fitur defrost/defogger, kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Ventilasi defrost biasanya terletak pada kedua sisi paling ujung dashboard. Jika embun terjadi pada kaca bagian belakang mobil, kamu dapat menggunakan fitur defogger. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: