Kapasitas Produksi Motor Listrik di Indonesia 1 Juta Unit, Bagaimana dengan Penjualan?

Muhamad Fadli Ramadan ยท Kamis, 22 September 2022 - 12:35:00 WIB
Kapasitas Produksi Motor Listrik di Indonesia 1 Juta Unit, Bagaimana dengan Penjualan?
Kemenperin mencatat kapasitas produksi kendaraan listrik Indonesia saat ini mencapai 2.480 unit bus, 14.000 unit mobil, serta 1,04 juta unit roda dua dan tiga.

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat kapasitas produksi kendaraan listrik Indonesia saat ini mencapai 2.480 unit bus, 14.000 unit mobil listrik, serta 1,04 juta unit untuk kendaraan roda dua dan roda tiga listrik (motor). Namun, berdasarkan data penjualan penetrasi pasar terhadap kendaraan listrik saat ini masih rendah.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) mencatat jumlah brand sepeda motor listrik di Indonesia sebanyak 43 merek. Namun, rata-rata penjualan motor listrik di Indonesia saat ini baru sekitar 1.000 unit per bulan.

Guna mendukung Indonesia Net Zero Emission pada 2060, Kemenperin mendapat tugas melakukan percepatan produksi berbagai jenis Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan transformasi dari kendaraan bermotor bakar menjadi KBLBB.

“Kemenperin berkomitmen mendukung upaya transformasi ini. Hal ini sejalan dengan peta jalan pengembangan KBLBB yang telah disusun oleh Kemenperin,” kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri dilansir dari web resmi Kemenperin.

Tugas lain yang harus dijalankan oleh Kemenperin adalah memberikan dukungan teknis untuk pendalaman struktur industri KBLBB dalam negeri. Tujuannya agar mampu memenuhi target capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Kemenperin juga akan melakukan percepatan pengembangan komponen utama dan komponen pendukung industri KBLBB. Itu seperti memperbanyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan penukaran baterai.

“Kami juga ditugaskan untuk melakukan percepatan produksi peralatan pengisian daya (charging station) dan komponen penunjang industri KBLBB,” ujar Febri.

Pada 2025, jumlah KBLBB di Indonesia ditargetkan mencapai 400 ribu unit atau 25 persen dari total produksi kendaraan bermotor roda empat yang akan mencapai 1,6 juta unit. “Sedangkan pada 2035, Kemenperin menargetkan produksi satu juta KBLBB roda empat atau lebih dan 3,22 juta KBLBB roda dua,” kata Febri.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda