Kesal Mobil Putih Jadi Kusam dan Menguning, Begini Cara Mengembalikannya ke Warna Semula

Bertold Ananda · Kamis, 22 Juli 2021 - 07:27:00 WIB
Kesal Mobil Putih Jadi Kusam dan Menguning, Begini Cara Mengembalikannya ke Warna Semula
Bagaimana cara mengatasinya bila mobil putih terlanjur sudah kusam dan menguning?  (Foto: Ilustrasi/Dok iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Melihat mobil berwarna putih dan bersih membuat siapa pun enak memandangnya. Namun ingat mobil berwarna putih butuh perawatan khusus. 

Ini karena debu dan kotoran yang menempel pada body mobil akan mudah terlihat. Jika dibiarkan akan menimbulkan oksidasi yang dapat merusak lapisan clear coat pada body mobil, sehingga warna mobil menjadi kusam dan menguning. 

Bagaimana cara mengatasinya bila mobil putih terlanjur kusam dan menguning? Dirangkum dari berbagai sumber berikut cara mengembalikan mobil putih kembali ke warna semula: 

1. Cuci mobil 

Hal pertama yang harus dilakukan cuci mobil agar debu dan kotoran hilang. Gunakan shampo khusus agar kotoran yang menempel pada bodi mobil terangkat.   

Gunakan shampo yang memiliki tingkat keseimbangan PH tepat agar warna tidak terkikis. Perhatikan pula waktu yang tepat mencuci mobil.   

Untuk menghindari kerusakan pada cat, ada baiknya mencuci mobil sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore agar terhindar dari paparan terik matahari. 

Ini karena sinar matahari yang mengena langsung pada cat body mobil dapat membuat sisa air cucian yang mengandung busa cepat kering sehingga menimbulkan kerak atau jamur pada cat mobil. 

2. Bersihkan dengan clay bar 

Clay bar merupakan alat yang biasa dipakai pada salon detaling mobil. Memiliki bahan yang lentur seperti karet berbentuk kotak dan berfungsi untuk mengangkat noda yang menempel pada body mobil. Namun yang perlu menjadi perhatian, clay bar ini tidak boleh jatuh ke tanah, karena dikhawatirkan ada pasir atau kerikil yang menempel sehingga akan menimbulkan goresan pada cat mobil. 

Cara penggunaanya mudah. Cukup  keluarkan clay bar dan plastiknya kemudian Anda bisa potong-potong agar ukurannya tidak terlalu besar. Setelah itu, bentuknya seperti adonan tanah liat . Kemudian Anda bersihkan pada body mobil yang telah dibasahi dengan mengosok dengan satu arah secara merata. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2