Masyarakat Cegah Virus Corona, Toyota Maksimalkan Penjualan Online

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 16:05 WIB
Masyarakat Cegah Virus Corona, Toyota Maksimalkan Penjualan Online

Salah satu strategi TAM dalam menghadapi pembatasan aktivitas warga terkait virus corona adalah dengan menjual produk secara online. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk bekerja dari rumah (work from house/WFH) agar pandemi virus korona (Covid-19) tidak meluas (physical distancing). Ini juga diikuti pabrikan mobil di Indonesia, salah satunya Toyota.

Lantas, apakah anjuran ini dapat memengaruhi penjualan mobil Toyota di Indonesia? "Memang benar, anjuran ini cukup memengaruhi penjualan beberapa produk kami di Tanah Air. Tapi kita sudah mempersiapkan strategi untuk mengatasinya," ujar Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy Suwandi, saat dihubungi iNews.id, Selasa (24/3/2020).

Salah satu strategi yang dilakukan TAM adalah dengan menjual produk secara virtual atau online. Karena calon konsumen banyak yang mencari informasi produk Toyota dengan cara online.

"Customer sudah banyak yang mencari info dan promosi mobil melalui online, bahkan sebelum diberlakukannya WFH. Jadi, trennya sekarang 60 persen konsumen membeli mobil lewat jalur online," katanya.

"Namun, sampai saat ini pihaknya kami belum mencatat angka penjualan secara online selama WFH," ujarnya.

Selain penjualan via online, Toyota juga mencegah dengan meniadakan event promosi penjualan serta memeriksa karyawan di setiap showroom. "Setiap karyawan yang bekerja di semua showroom Toyota diperiksa kesehatannya dengan cara mengukur suhu tubuh dan menyediakan hand sanitizer," kata Anton.


Editor : Dani Dahwilani