Mercedes-Benz Bangun Mobil Listrik Masa Depan Terinspirasi Film Avatar

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 09:49 WIB
Mercedes-Benz Bangun Mobil Listrik Masa Depan Terinspirasi Film Avatar

Konsep Vision AVTR sejalan visi Mercedes-Benz untuk mobilitas masa depan dengan desain interaksi baru antara manusia, mesin dan alam. (Foto: CNET)

STUTTGART, iNews.id - Mercedes-Benz menghadirkan mobil konsep bertenaga listrik yang mampu berjalan sendiri (otonom) di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020. Kendaraan ini diberi nama Vision Advanced Vehicle Transformation (AVTR).

Dilansir dari CNET, Kamis (9/1/2020), pabrikan asal Jerman ini menciptakan Vision AVTR lantaran terinspirasi film Avatar. Proses pembuatannya melibatkan sutradara film tersebut, James Cameron, agar konsep dan teknologinya selaras.

Ketua Dewan Manajemen Daimler AG dan Mercedes-Benz AG, Kallenius mengatakan, konsep Vision AVTR sejalan visi Mercedes-Benz untuk mobilitas masa depan dengan desain interaksi baru antara manusia, mesin dan alam.

"Tujuan kami memproduksi kendaraan netral karbon untuk menumbuhkan pangsa kendaraan listrik yang terjual dan memiliki armada mobil penumpang karbon netral baru pada 2039," kata Källenius,

Vision AVTR memiliki teknologi canggih dan desain yang berbeda dengan mobil-mobil pada umumnya. Mobil ini juga tak memiliki setir. Penumpang dapat mengendalikan mobil dengan pusat kontrol berbentuk oval, terletak di antara dua jok depan.

Di sektor belakang, Vision AVTR memiliki 33 flap bionik yang dapat bergerak ke segala arah, menyerupai sisik reptil. Flap tersebut berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar mobil.

Masuk ke ruang kabin, terlihat interior yang terbuat dari plastik daur ulang dan kulit imitasi Dinamca vegan. Sementara lantai terbuat dari rotan yang disebut Karuun.

Urusan performa, mobil listrik ini dibekali motor listrik yang dipadu baterai berkapasitas 110 kWh yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 470 hp dan sanggup menempuh jarak hingga 700 km untuk sekali pengisian daya.

Foto: CNET
Foto: CNET

Editor : Dani Dahwilani