Rebut Pasar GM, Tesla Jadikan Texas Pusat Produksi Cybertruck

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 11 Maret 2020 - 18:19 WIB
Rebut Pasar GM, Tesla Jadikan Texas Pusat Produksi Cybertruck

Tesla sedang mencari lokasi pabrik baru di wilayah Texas, Amerika Serikat (AS) yang akan menjadi pusat produksi Cybertruck. (Foto: Paulatan/Tesla)

JAKARTA, iNews.id - Tesla sedang mencari lokasi pabrik baru di wilayah Amerika Serikat (AS) yang akan menjadi pusat produksi Cybertruck. Wilayah yang mereka bidik adalah Texas.

Hal tersebut disampaikan CEO dan pendiri Tesla Elon Musk melalui akun Twitternya. Saat ini, satu-satunya Gigafactory Tesla di AS berada di Fremont, California. Di fasilitas ini perusahaan membangun Model S, 3, X dan Y. Sementara untuk lokasi pabrik baterai berada di Nevada.

Mengapa Texas dipilih sebagai basis Cybertruck? Automotive News menyebutkan, Texas merupakan negara teratas untuk penjualan model pikap dan rumah bagi General Motors (GM) dan Toyota.

Melalui Cybertruck, Tesla berupaya merebut hati konsumen Ford F-150 dan Chevrolet Silverado.

Musk mengatakan versi produksi Cybertruck mungkin berubah lebih baik. Tidak jelas seberapa besar perubahan styling, tetapi dengan kedok prototipe dan eksterior stainless steel ultra-keras, para ahli keselamatan ragu terkait kecelakaan di jalan. Ini karena bahan yang keras berbahaya bagi pejalan kaki dan mobil lain.

Cybertruck sendiri ditawarkan dalam tiga varian, yakni Single-Wheel Drive Motor, Dual Motor All-Wheel Drive, dan Tri-range Drive All-Wheel Drive. Model tertinggi dijadwalkan mulai dijual pada 2021. Sementara model entry-level (terendah) meluncur lebih lama pada akhir 2022.

Semua model akan mendapatkan bodi eksterior stainless steel Ultra-Hard 30X Cold-Rolled, 45 persen lebih berat, tapi lebih kuat dari titanium.

Tesla menyebutkan model entry-level menawarkan jangkauan mengemudi sejauh 400 km. Sementara model teratas dapat mencapai 800 km dalam kondisi baterai penuh.

Cybertruck diklaim mampu berlari dari 0-60 mph (0-97 km/jam) dalam waktu 2,9 detik. Angka bisa lebih baik jika Tesla membuat model produksi Cybertruck lebih kecil.

Editor : Dani Dahwilani