Teknologi Mobil Mercedes-Benz Bisa Upgrade seperti Smartphone

Riyandy Aristyo · Kamis, 25 Juni 2020 - 21:45 WIB
Teknologi Mobil Mercedes-Benz Bisa Upgrade seperti Smartphone

Mercedes-Benz akan dilengkapi chip generasi berikutnya dan platform perangkat lunak terbaru yang bisa di-upgrade. (Foto: Nvidia)

STUTTGART, iNews.id - Daimler AG, perusahaan induk Mercedes-Benz bekerja sama dengan pabrikan semi konduktor, Nvidia Corp, mengembangkan tekonologi kendaraan otonom. Nantinya, model Mercedes-Benz akan dilengkapi chip generasi berikutnya dan platform perangkat lunak terbaru yang bisa di-upgrade.

Dilansir dari Reuters, Kamis (25/6/2020), Kepala Eksekutif Daimler, Ola Kaellenius mengatakan, kedua aliansi ini akan mengembangkan kemampuan mengemudi otomatis, dan aplikasi perangkat lunak untuk menghasilkan keuntungan.

"Kami ingin meluncurkan rancangan komputer yang ditentukan perangkat lunak untuk bantuan mengemudi dan kemudi otonom," ujar Ola Kaellenius saat presentasi kedua perusahaan.

Platform Nvidia Drive AGX Orin merupakan prosesor kendaraan otonom yang akan diluncurkan mulai 2024. Ini memungkinkan Mercedes dapat mengupgrade perangkat lunak mobil layaknya memperbarui smartphone.

"Setiap model Mercedes-Benz adalah masa depan. Dengan sistem Nvidia Drive yang akan datang, tim ahli AI dan insinyur perangkat lunak terus mengembangkan, memperbaiki serta meningkatkan mobil selama masa pakainya," kata Chief Executive Nvidia, Jensen Huang.

Kemitraan baru ini mengikuti langkah Daimler pada minggu lalu, untuk menghentikan aliansi pengembangan saingan terberat mereka, yakni BMW dalam mengemudi otomatis.

Selain itu, Nvidia juga sempat menjalankan kerja sama selama satu dekade dengan Audi AG. Juru bicara Nvidia, Danny Shapiro mengatakan tidak ada pengaturan yang eksklusif.

"Dengan Mercedes, ada dedikasi besar, energi besar, investasi besar dari kedua perusahaan untuk membawa ini ke pasar," katanya.

Sebagai informasi, Mercedes berhasil menjual 2,39 juta mobil di seluruh dunia pada 2019. Kedua perusahaan telah bekerja bersama dalam mengemudi otonom dan teknologi mobil AI selama lebih dari lima tahun.

Editor : Dani Dahwilani