Terdampak Covid-19, Asuransi Mobil Berharap Pulih di Semeter II

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 25 Agustus 2020 - 12:05:00 WIB
Terdampak Covid-19, Asuransi Mobil Berharap Pulih di Semeter II
Peningkatan penjualan mobil pada Juli 2020 sebesar 100,3 persen jadi harapan perusahaan asuransi kendaraan tumbuh di semester II. (Foto: Adira)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 telah memukul sektor otomotif di Indonesia. Kondisi ini juga berdampak pada industri pendukungnya, seperti asuransi mobil.

Kini, industri otomotif perlahan tumbuh. Ini dapat dilihat dari peningkatan penjualan mobil pada Juli 2020 sebesar 100,3 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), peningkatan tajam terjadi dari 12.623 unit pada Juni, menjadi 25.283 unit pada Juli 2020. Ini menjadi harapan bagi perusahaan asuransi mobil.

“Melihat data tersebut, kami optimistis bisnis asuransi mobil tumbuh di semester II tahun ini. Tidak hanya itu, pandemi ini juga mengubah kebiasaan banyak orang. Contohnya, dengan imbauan jaga jarak fisik (physical distancing), banyak masyarakat kini memilih berkendara pribadi," ujar Direktur PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance), Donni Gandamana dalam keterangan persnya, Selasa (25/8/2020).

Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga semakin menyadari pentingnya proteksi. Riset dari Universitas Temple di Amerika Serikat, sekitar 58 persen warga berpikir asuransi jadi penting di era pandemi. "Ini membuat kami semakin optimistis akan pertumbuhan bisnis asuransi mobil,” katanya.

Dia menyebutkan perusahaan juga memperbaiki bisnis asuransi mobil akibat Covid-19. “Digitalisasi adalah cara terbaik untuk tetap berkembang. Kami bekerja sama dengan Traveloka Protect untuk memberikan perlindungan mudah untuk mobil Anda. Tidak hanya itu, pelaporan klaim asuransi mobil pun juga bisa dilakukan dari rumah dengan aplikasi Autocillin Mobile Claim,” ujar Donni.

Editor : Dani M Dahwilani