4 Posisi Pemain Futsal, Ini Fungsi dan Kriterianya

MNC Media ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 19:00:00 WIB
4 Posisi Pemain Futsal, Ini Fungsi dan Kriterianya
4 posisi dalam futsal beserta kriterianya. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Olahraga futsal sekilas seperti sepak bola. Kedua olahraga ini mengandalkan ketahanan fisik, kecerdikan pelatih, manager dan pemain sentral.

Di dalam sepak bola ada pemain tengah, depan dan belakang. Ada pula pilar yang disebut bintang lapangan karena punya pengaruh besar di lapangan.

Sebut saja seperti Cristiano Ronaldo di Juventus, Lionel Messi (Barcelona), Mohamed Salah (Liverpool) dan Kylian Mbappe (Paris Saint-Gemain) dan masih banyak yang lainnya.

Berbeda dengan futsal. Olahraga satu ini tidak mengenal istilah pemain bintang. Hal itu dikarenakan jumlah pemain dalam satu tim hanya lima orang, termasuk kiper.

Dengan demikian kolektivitas menjadi lebih utama dibanding keterampilan individu. Lantas, apa saja posisi pemain dalam olahraga futsal?Berikut ulasannya:

1. Kiper

Seperti halnya sepakbola, dalam futsal ada peran kiper yang tugasnya menjaga gawang. Satu-satunya posisi yang punya privilege boleh memegang bola. Meski posisinya menjaga gawang di belakang, dalam kondisi tertentu, kiper bisa maju untuk mencetak gol.

2. Anchor

Dalam futsal, ada posisi bernama anchor. Ya, seperti maknanya yang berarti jangkar, anchor bertugas ganda. Sebagai pemain bertahan sekaligus pengatur serangan. Ibaratnya, dia gabungan antara bek dan mildfielder dalam sepakbola.

Anchor harus kuat dalam penguasaan bola, anchor juga posisi pertama yang memulai serangan. Saat tim terkena serangan, anchor pula yang bertanggung jawab sebagai pemain bertahan. Itu alasan, anchor harus punya kemampuan paling mumpuni.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2