5 Fakta Ganda Putra Taiwan Lee Yang/Wang Chi Lin, Nomor 3 Mengagetkan

Ibnu Hariyanto ยท Minggu, 01 Agustus 2021 - 08:11:00 WIB
5 Fakta Ganda Putra Taiwan Lee Yang/Wang Chi Lin, Nomor 3 Mengagetkan
Lee Yang/Wang Chi Lin berhasil berhasil mengukir sejarah di Olimpiade Tokyo 2020. Lee/Wang menjadi pebulu tangkis pertama asal Taiwan yang meraih emas Olimpiade (foto: REUTERS)

TOKYO, iNews.id- Ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin berhasil berhasil mengukir sejarah di Olimpiade Tokyo 2020. Lee/Wang menjadi pebulu tangkis pertama asal Taiwan yang meraih emas Olimpiade.

Lee/Wang meraih emas Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan andalan China Li Junhui/Liu Yuchen. Lee/Wang menang secara meyakinkan dua set langsung 21-18 dan 21-12. 

Pertandingan tersebut diselenggarakan di Musashino Forest Sport Plaza, Sabtu (31/7/2021). Raihan emas di Olimpiade Tokyo 2020 menjadi puncak performa apik Lee/Wang tahun ini.

Fakta-fakta menarik juga terjadi setelah Lee/Wang meraih emas Olimpiade 2020, Berikut lima fakta menarik itu:

1. Lee/Wang berhasil mencetak sejarah bagi bulu tangkis Taiwan. Lee/Wang merupakan penyumbang emas pertama di ajang bulu tangkis bagi Taiwan di Olimpiade.

2. Lee/Wang menjadi ganda putra pertama yang berhasil memenangkan medali emas dengan status tak diunggulkan. Mereka juga ganda putra pertama yang kalah di laga awal namun mampu meraih medali emas.

3. Lee/Wang meraih medali emas setelah mengalahkan empat unggulan teratas di Olimpiade Tokyo 2020. Pertama, Lee/Wang mengalahkan unggulan pertama, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di fase grup. Lalu mereka menumbangkan unggulan keempat, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe di perempat final. Lee/Wang juga mengalahkan unggulan kedua, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di semifinal. Dan puncaknya mengalahkan unggulan ketiga asal China di final dan meriah medali emas.

4. Lee/Wang merupakan teman sekelas saat SD. Bahkan saat SD itu keduanya bahkan tak akur. Keduanya baru dipasangkan pada 2019. Namun segudang prestasi sudah diraih duo andalan Taiwan itu seperti Spain Masters 2019, Orleans Masters 2019, Korea Masters 2019, dan India Open 2019. Di awal 2021, mereka juga meraih tiga gelar lain di BWF Tour Asian Leg.

5. Lee/Wang merupakan fans berat ganda putra andalan Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Keduanya sangat menaruh hormat ke The Daddies. Bahkan usai pertandingan semifinal lalu, keduanya tampak mencium tangan Ahsan/Hendra sebagai bentuk respek.

Editor : Ibnu Hariyanto

Bagikan Artikel: