5 Transfer yang Bikin Geger Dunia Olahraga, Nomor 3 Dicap Pengkhianat

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 27 Agustus 2020 - 08:15 WIB
5 Transfer yang Bikin Geger Dunia Olahraga, Nomor 3 Dicap Pengkhianat

Neymar Jr saat diperkenalkan sebagai pemain baru PSG pada 2017. (Foto: Guardian)

BARCELONA, iNews.id – Tekad Lionel Messi meninggalkan Barcelona musim panas ini sudah bulat walau masih memiliki sisa kontrak setahun. Peraih Ballon d’Or enam kali itu sudah muak dengan situasi internal Blaugrana.

Masa depan Messi kini dispekulasikan. Manchester City, Manchester United, Paris Saint-Germain (PSG), Juventus, Inter Milan, Al-Sadd dan Newell’s Old Boys disebut-sebut menjadi destinasi karier dia selanjutnya.

Satu yang jelas di mana pun dia akan melabuhkan karier nanti, itu akan menjadi salah satu transfer terbesar dalam sejarah olahraga mengingat status bintang yang dimiliki Messi. Ditambah lagi Barcelona adalah klub yang sudah dibelanya sejak bocah.

Tapi Sportskeeda sudah merangkum, sebelumnya ada lima transfer yang bikin geger dunia olahraga. Berikut ulasan selengkapnya: 

1. Neymar Jr (Barcelona ke PSG, 2017)

Neymar Jr saat diperkenalkan sebagai pemain baru PSG pada 2017. (Foto: Guardian)

Pemain Brasil itu sempat membentuk trisula tajam di Barcelona bersama Luis Suarez dan Messi. Ketiganya dijuluki trio MSN dan berhasil membawa pulang treble winners ke Camp Nou pada musim 2014/2015.

Tapi Neymar malah pindah ke PSG pada 2017 dengan biaya 222 juta euro atau Rp3,8 triliun yang membuatnya jadi pemain termahal dunia. Di sana dia membantu Les Parisiens melanjutkan keperkasaan di kancah domestik. Sayangnya Klub Ibu Kota Prancis itu belum bisa berbicara banyak di panggung Eropa.

2. LeBron James (Cleveland Cavaliers ke Miami Heat, 2010)

Lebron James (Foto: Hot Hot Hoops)

James sempat membuat geger dunia olahraga ketika meninggalkan klub yang membesarkan namanya Cavaliers dan hengkang ke Heat pada 2010. Dia mengumumkan keputusan tersebut dalam sebuah acara televisi bernama The Decision.

Pebasket yang akrab disapa King James itu memperkuat Heat selama empat tahun. Di sana dia mencicipi dua titel NBA sebelum akhirnya kembali ke Cavaliers.

3. Luis Figo (Barcelona ke Real Madrid, 2000)

Luis Figo saat diperkenalkan sebagai pemain baru Real Madrid. (Foto: Sport Mole)

Ini menjadi salah satu transfer paling bersejarah. Figo meninggalkan Barcelona untuk bergabung dengan rival abadi Madrid. Saat main di Camp Nou, legendaris Timnas Portugal itu dihujat para suporter tuan rumah.

Suporter Barcelona melemparkan botol, korek api, dan bahkan kepala babi ke Figo. Kejadian itu terus berlanjut ketika dia kembali ke Camp Nou bersama Los Blancos pada musim-musim berikutnya.

4. Tom Brady (New England Patriots ke Tampa Bay Buccaneers, 2020)

Tom Brady. (Foto: Tampabay)

Atlet National Football League (NFL) satu ini meninggalkan Patriots, klub yang sudah dibelanya hampir 20 tahun pada Maret lalu. Di sana pria 43 tahun itu sempat meraih enam titel juara Super Bowl.

Tapi  Brady membuat kejutan ketika memutuskan untuk gabung tim guram Buccaneers. Hanya waktu yang bisa membuktikan apakah transfer tersebut merupakan langkah yang tepat untuknya.

5. Valentino Rossi (Honda ke Yamaha (2004)

Valentino Rossi (Foto: Twitter)

Cinta pertama Rossi di MotoGP adalah bersama Honda yakni pada 2000. Kerja sama mereka begitu perkasa di atas lintasan dan sulit dikalahkan para pesaing. Namun akhirnya The Doctor pindah ke Yamaha pada 2004.

Rossi mengaku tergiur gabung Yamaha karena ingin melepas stigma yang menyebutkan dirinya hanya jago saat menunggangi Honda. Tifosi Inter Milan itu membuktikan anggapan tersebut salah. Dia sempat jadi juara dunia bersama pabrikan tiga garpu tala itu sebanyak empat kali.

Editor : Abdul Haris