6 Pembalap F1 Ini Alami Debut Tragis, Nomor 4 Legendaris Tim Ferrari

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 04 April 2021 - 15:55:00 WIB
6 Pembalap F1 Ini Alami Debut Tragis, Nomor 4 Legendaris Tim Ferrari
Mantan pembalap Ferrari Felippe Massa. (Foto: Rosso Automobili)

JAKARTA, iNews.id - Mentas dalam Formula 1 (F1) menjadi impian semua pembalap. Tak heran jika para pembalap berusaha tampil menawan pada balapan perdana.

Sayangnya tidak semua pembalap bisa menjalani debut F1 dengan bagus. Beberapa di antaranya bahkan tak kembali ke F1 setelah balapan perdananya berantakan.

Setidaknya ada enam pembalap dengan debut terburuk sepanjang sejarah F1. Siapa saja mereka?

Berikut ulasannya dikutip dari WTF1, Minggu (4/4/2021):

1. Andre Lotterer

Mantan pembalap F1 Andre Loterrer (Foto: Eurosport)
Mantan pembalap F1 Andre Loterrer (Foto: Eurosport)

Sebelum memulai debut F1, Lotterer memiliki banyak prestasi, termasuk menjadi juara balap ketahanan Le mans 24 Jam sebanyak tiga kali. Dia pun dipanggil menjadi pembalap pengganti tim Caterham pada GP Belgia 2014.

Hanya saja, status Caterham saat itu merupakan tim papan bawah. Mobilnya yang kurang tahan banting langsung membuat Lotterer harus berhenti balapan pada putaran pertama, akibat kerusakan mekanis. Setelah itu, dia tak kembali lagi ke F1.

2. Karun Chandhok

Mantan pembalap F1 Karun Chandhok (Foto: Automotor und Sport)
Mantan pembalap F1 Karun Chandhok (Foto: Automotor und Sport)

Sebenarnya Chandhok bisa dibilang sebagai pembalap yang cukup bagus. Pada masa juniornya, dia menjadi juara Formula Maruti 2000, Formula 2000 Asia 2001 dan Formula V6 Asia Renault 2006.

Pembalap asal India itu kemudian direkrut tim baru, Hispania Racing Team. Namun, debutnya di GP Bahrain 2010 berakhir berantakan. Dia ditabrak dari belakang dan melintir setelah dua tikungan saja.

Editor : Reynaldi Hermawan

Halaman : 1 2 3