7 Kebiasaan Buruk Pemain Basket Pemula yang Wajib Diperbaiki, Bisa Fatal dan Berbuah Pelanggaran

Rilo Pambudi ยท Sabtu, 02 Juli 2022 - 18:42:00 WIB
7 Kebiasaan Buruk Pemain Basket Pemula yang Wajib Diperbaiki, Bisa Fatal dan Berbuah Pelanggaran
Kebiasaan buruk pemain basket pemula (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Ada sejumlah kebiasaan buruk pemain basket pemula yang wajib diperbaiki. Jika kebiasaan buruk tersebut diteruskan, jangan harap dapat menjadi seorang pemain basket yang andal.

Untuk menguasai teknik bermain basket dengan baik, maka diperlukan pemahaman yang baik pula tentang teknik-teknik tersebut. Hal itu bisa dicapai jika seorang pemain terbiasa bermain dengan teknik yang benar.

Seorang pemula biasanya sangat sering melakukan berbagai kesalahan ketika baru terjun ke olahraga basket. Terlebih, ada banyak aturan dan teknik-teknik yang susah untuk dipahami dan dikuasai dalam waktu sekejap.

Dilansir iNews.id dari laman DBL, Kamis (23/6/2022), kebiasaan buruk yang dilakukan oleh seorang pemula umumnya terjadi saat memegang bula. Mulai dari cara memegang dan menguasai bola dengan benar, hingga membaca situasi.

Beberapa kesalahan atau kebiasaan buruk yang dilakukan oleh seorang pemula biasanya bisa berdampak fatal dan menguntungkan pihak lawan. Berikut ini adalah kebiasaan buruk atau kesalahan yang sering terjadi.

Kebiasaan Buruk Pemain Basket Pemula yang Wajib Diperbaiki

1. Langsung Melakukan Dribble

Kebiasaan buruk yang dilakukan seorang pemain basket amatir adalah langsung melakukan dribble saat menerima bola. Padahal, masih ada opsi passing dan shooting. Tiga opsi itu sering disebut sebagai A triple-threat. 

Jika pemain lebih tenang dan bisa membaca situasi, salah satu opsi tersebut dapat menjadi pilihan dan dapat membuat skema penyerangan yang benar.

2. Memegang Bola dengan Santai

Kebiasaan buruk kedua ini juga sering terjadi. Ini sama juga membiarkan bola dalam jangkauan lawan. Jika lawan tidak terlalu agresif, ini mungkin tidak akan fatal. Namun jika lawan jeli dan tangguh, maka kebiasaan ini akan sangat merugikan.

3. Tidak Siap dan Tanpa Kuda-Kuda

Di saat menerima bola, posisi badan harus selalu siap dengan kuda-kuda. Fungsinya adalah agar kita bisa langsung melakukan manuver dengan sigap.

4. Melakukan Pivot Sambil Mengayun Bola

Melakukan gerakan pivot yang dibarengi gerakan mengayun bola juga sering terjadi pada pemula. Saat melakukan gerakan ini, pemain sering lupa jika harus terus menggenggam erat bola mereka.

Padahal, gerakan mengayun tersebut juga tak bisa asal-asalan. Pemain bertahan lawan akan mudah membaca gerakan ini jika asal-asalan.

5. 24 Second Violation

Dalam permainan basket, terdapat beberapa aturan terkait batasan waktu. Salah satunya adalah 24 second violation. Artinya, sebuah tim tidak bisa memanfaatkan batas waktu 24 detik penguasaan bola untuk mencetak angka, baik melalui shooting, slam dunk, atau lay-up.

Jika ketentuan tersebut tak diperhatikan, wasit berhak memberikan penguasaan bola dalam situasi lemparan ke dalam untuk kubu lawan. Kecerobohan ini pasti sering terjadi pada pemain-pemain amatiran.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda