78 Wasit dan Penilai Wasit Ikuti Futsal Referees Refreshment Federasi Futsal Indonesia

MNC Media ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 10:31:00 WIB
78 Wasit dan Penilai Wasit Ikuti Futsal Referees Refreshment Federasi Futsal Indonesia
Sebanyak 78 wasit mengikuti Futsal Referees Refreshment 2021 yang diselenggarakan Federasi Futsal Indonesia. Kegiatan ini dilakukan secara virtual. (dok: FFI)

JAKARTA, iNews.id- Sebanyak 78 wasit mengikuti Futsal Referees Refreshment 2021 yang diselenggarakan Federasi Futsal Indonesia. Kegiatan ini dilakukan secara virtual karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Futsal Referees Refreshment 2021 yang diselenggarakan secara virtual  Sabtu (1/5/2021) hingga Minggu (2/5/2021). Sebanyak 78 peserta terdiri dari 58 wasit pria, 8 wasit wanita, 12 penilai wasit atau referee assessor.

Para peserta Futsal Referees Refreshment 2021 ini akan ditugaskan pada dua Agenda penting tahunan FFI yaitu Liga Futsal Professional 2021 dan Liga Futsal Nusantara 2021.

Acara dibuka Sekjen FFI Edhi Prasetyo. Sedangkan materi dibawakan  Badrul Hisham Kalam instruktur wasit AFC yang berdomilisi di Malaysia dan dipandu Ahmad Suparman, instruktur nasional yang  mewakili Komite Perwasitan FFI.

Futsal Referees Refreshment adalah agenda tahunan FFI sebagai upaya untuk memberikan persiapan motivasi, fisik  maupun pemahaman akan Law of the Game atau  LOTG. Beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan ini di antaranya, Physical, Positioning, Signaling; LOTG Understanding; Match Management (Mentality of Referee).

Ahmad Suparman mengatakan ada beberapa muka baru sebagai peserta. Ini sejalan dengan tujuan pengembangan SDM wasit sehingga memudahkan penyeragaman pemahaman LOTG di Indonesia.

“Harapan saya pribadi agar terus berkarya dan berlatih baik pemahaman LOTG dan fisik sehingga ketika ada kompetisi atau event-event di daerahnya sendiri mereka akan lebih paham lagi," ucap Ahmad Suparman.

Editor : Ibnu Hariyanto

Halaman : 1 2