78 Wasit dan Penilai Wasit Ikuti Futsal Referees Refreshment Federasi Futsal Indonesia

MNC Media ยท Selasa, 04 Mei 2021 - 10:31:00 WIB
78 Wasit dan Penilai Wasit Ikuti Futsal Referees Refreshment Federasi Futsal Indonesia
Sebanyak 78 wasit mengikuti Futsal Referees Refreshment 2021 yang diselenggarakan Federasi Futsal Indonesia. Kegiatan ini dilakukan secara virtual. (dok: FFI)

Salah seorang peserta Gabriella Ayu Anggraini mengatakan kualitas pelaksanaan tugas wasit harus didukung banyak faktor, terutama penguasaan tentang LOTG agar setiap keputusan yang diambil sesuai dengan LOTG yang berlaku.

“Yang Paling utama adalah mempersiapkan kebugaran fisik dengan latihan setiap hari. Disiplin jaga pola makan dan tidur, serta selalu belajar LOTG terbaru dengan menonton pertandingan futsal nasional maupun internasional. Sering menjadi wasit di banyak pertandingan untuk menambah jam terbang, banyak berdiskusi dengan Referee Assesor, Senior dan rekan-rekan wasit lainnya," ujar Gabriella.

Sementara itu wasit senior Rodhi Wahono mengapresiasi langkah FFI melaksanakan kegiatan  ini. Kepada para wasit, dia mengharapkan tidak bosan menerima segala kritikan dan masukan dari para pengadil.

“Tentunya sinergi dari semua aspek khususnya sinergi antara FFI dan korps pengadil akan sangat berguna untuk kemajuan Futsal Indonesia yang lebih baik,” kata Rodhi Wahono.

Mengenai substansi dari LOTG, Rodhi Wahono mengingatkan peraturan olahraga seyogyanya memang dibuat untuk menaungi olahraga itu sendiri, agar olahraga itu menjadi tertib, aman  bagi atlet, dan tentunya membuat menarik dan nyaman untuk dinikmati oleh khalayak. 

Dia menilai diterbitkannya LOTG yang baru ini sangat berkaitan dengan banyaknya kekurangan dari LOTG sebelumnya (2014/2015) yang bisa digunakan untuk  berbuat di luar prinsip fairplay. 

“Dengan segala perbaikan yang dituangkan dalam amandemen yang baru bisa menutup celah - celah kekurangan itu. Sehingga Futsal di masa depan akan semakin menarik untuk ditonton," tuturnya.

Editor : Ibnu Hariyanto